Round-Up

Ironi Tugu Sepatu Sudirman: Baru Dipamerkan, Jadi Sasaran Coretan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 21:02 WIB
Sebuah tugu berbentuk sepatu yang baru dipamerkan di kawasan Sudirman, Jakpus sudah menjadi sasaran vandalisme. (Adhyasta D/detikcom)
Sebuah tugu berbentuk sepatu yang baru dipamerkan di kawasan Sudirman, Jakpus sudah menjadi sasaran vandalisme. (Adhyasta D/detikcom)
Jakarta -

Ironis, baru beberapa hari dipamerkan, tugu sepatu di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, malah dicoret-coret. Tugu sepatu itu menjadi sasaran vandalisme.

Tugu sepatu yang tepatnya berada di depan Stasiun BNI City, Jakarta Pusat, itu mulai dipamerkan sejak Rabu (15/9). Sebelumnya, tugu berbentuk sepatu itu ditutup oleh kain hitam.

Pada hari itulah kain hitam yang menutupi dibuka. Monumen itu berbentuk sepatu kets raksasa berwarna dasar putih. Ada tulisan serta QR code berisikan surat terbuka untuk pejuang industri kreatif di Indonesia.

Dibuat untuk Memperindah Sudut Kota

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan tugu sepatu tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan sejumlah pihak, salah satunya PT Jakarta Tourisindo (Jaktour).

"Kita kan ingin mempercantik Kota Jakarta, di antaranya tugu sepatu, itu hasil kolaborasi. Itu tanyakan sama Jaktour detailnya," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Kamis (16/9/2021).

Riza mengatakan tugu itu dibangun demi memperindah sudut Kota Jakarta serta memperkenalkan produk-produk lokal kepada masyarakat. Dia pun menjelaskan bahwa hal yang sama kerap dilakukan oleh negara-negara besar di dunia, seperti Arab Saudi yang membangun tugu sepeda.

"Artinya, kita menghiasi Kota (Jakarta) supaya menarik, supaya juga setara dengan kota-kota di dunia lain. Kan biasa, kalian keliling dunia coba dicek di Google, di tiap negara, di tiap kota, kan ada produk-produk yang menarik perhatian, bisa selfie di situ, foto dan sebagainya, ada yang menambah pengetahuan," kata dia.

Lihat video 'Baru Dipamerkan, Tugu Sepatu di Sudirman Dicorat-coret':

[Gambas:Video 20detik]



Kini tugu sepatu itu jadi sasaran vandalisme, simak selengkapnya