TMII Buka 3 Wahana di Masa Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 11:56 WIB
TMII sudah mulai beroperasi namun tak banyak wahana yang sudah dibuka. Mayoritas warga datang untuk berolahraga. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
TMII sudah mulai beroperasi namun tak banyak wahana yang dibuka. Mayoritas warga datang untuk berolahraga. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saat ini sudah mulai dibuka. Warga pun berdatangan mengunjungi TMII.

Kabag Humas TMII Adi Widodo mengatakan, sejak TMII dibuka, pengunjung paling banyak 7.000 orang, yang terjadi pada Minggu lalu. Adi menjelaskan kunjungan ke TMII dibagi menjadi tiga segmen. Segmen I setiap hari Senin-Jumat, segmen II hari Sabtu-Minggu, dan segmen III saat libur nasional. Dari catatan internal, pengunjung paling ramai pada hari Sabtu-Minggu.

"Sabtu kemarin itu pengunjung 4.000, sementara 7.000 itu di hari Minggu pekan lalu. Kan kita kalau kunjungan kita membagi tiga segmen. Segmen 1 itu Senin-Jumat, itu biasanya rata-rata ya mereka kondisinya hampir mirip-mirip," ujar Adi saat ditemui di lokasi, Sabtu (18/9/2021).

Menurutnya, sejak TMII dibuka pada 20 Agustus 2021, pada hari biasa jumlah kunjungan hanya mencapai 500 orang. Sedangkan pada Sabtu dan Minggu lalu, jumlah pengunjung melonjak tajam, yakni 7.000 orang. Jumlah ini, kata Adi, masih terhitung sedikit jika dibandingkan dengan data pengunjung sebelum PPKM.

"Kalau sebelum kita ditutup yang terakhir pas PPKM level 4 itu, di hari Sabtu kita sudah nyampe angkanya sekitar 10 ribu. Kemudian di hari Minggunya kita menyentuh di angka 15 ribu," katanya.

Di masa uji coba pula, TMII mengerahkan 90 personel untuk berjaga di lokasi. TMII pun turut bekerja sama dengan Satpol PP dan Polri. Sehingga, total keseluruhan petugas yang berjaga di TMII berkisar 100 orang.

3 Wahana Mulai Dibuka

Di masa uji coba ini, TMII beroperasi pada pukul 06.00-18.00 WIB. Adapun wahana yang dibuka di antaranya kereta gantung, taman burung, dan taman reptilia. Sementara itu, untuk wahana indoor, TMII masih menunggu aturan baru pemerintah.

Terkait protokol kesehatan, sebelum memasuki kawasan TMII, suhu pengunjung akan dicek terlebih dahulu. Pengunjung juga diminta menunjukkan sertifikat vaksinasi melalui PeduliLindungi.

"Dari awal masuk pengunjung itu diperiksa pakai PeduliLindungi. Di dalam wahana juga dilakukan pengecekan ulang. Seperti cek suhu, terus jaga jarak, tempat cuci tangan kita sediakan. Itu untuk masuk ke wahana taman burung, kemudian wahana taman reptil, kemudian mau naik kereta gantung pun kita juga terapkan hal serupa," kata Adi.

Bahkan, saat hendak menaiki wahana kereta gantung, TMII turut membatasi jumlah pengunjung. Setiap kabin kereta hanya boleh diisi 4 orang dengan jarak yang sudah diatur.

Dengan dibukanya TMII, Adi berharap sektor pariwisata bisa bergerak, sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali normal. Ke depan dia pun berharap jumlah pengunjung bisa kembali seperti semula, yakni 15 ribu orang.

"Kita berharap pandemi cepat berakhir supaya kunjungan juga meningkat kayak sebelum pandemi, bisa nyampai 15 ribu orang yang berkunjung," pungkas Adi.

(zap/zap)