detikcom Do Your Magic

Agar Tak Jadi Tempat Buang Sampah, Jalan di Kramat Dijaga Saat Malam

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 11:30 WIB
Penanganan dan penjagaan Jl Kenanga di Kramat, Jakpus, dari sampah. (Dok Pemkot Jakpus)
Penanganan dan penjagaan Jl Kenanga di Kramat, Jakpus, dari sampah. (dok. Pemkot Jakpus)
Jakarta -

Pemerintah Kota Jakarta Pusat menjaga Jl Kenanga di tengah permukiman supaya tak lagi menjadi tempat pembuangan sampah. Penjagaan juga dilakukan pada malam hari.

"Dijaga Satpol PP dan PPSU," kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi kepada detikcom, Sabtu (18/9/2021).

Tenda didirikan untuk mengawasi sudut jalan di kawasan Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, ini.

Penanganan dan penjagaan Jl Kenanga di Kramat, Jakpus, dari sampah. (Dok Pemkot Jakpus)Penanganan dan penjagaan Jl Kenanga di Kramat, Jakpus, dari sampah. (dok. Pemkot Jakpus)

Irwandi sudah memerintahkan Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Kramat untuk menangani masalah ini. Pihak rukun warga (RW) setempat sudah menindaklanjuti masalah sampah yang dikeluhkan warga di lokasi ini. Apalagi lokasi itu tidak jauh dari SDN Kramat 01 Pag. Kebersihan perlu dijaga.

"Kita sudah tempel spanduk berisi jadwal pengangkutan sampah. Harapannya, pihak pembuang sampah mengetahui kapan harus menaruh sampah supaya tidak menumpuk di lokasi," kata Irwandi.

Penanganan dan penjagaan Jl Kenanga di Kramat, Jakpus, dari sampah. (Dok Pemkot Jakpus)Penanganan dan penjagaan Jl Kenanga di Kramat, Jakpus, dari sampah. (dok. Pemkot Jakpus)

Irwandi mengidentifikasi pembuang sampah sembarangan di jalanan ini adalah tukang sampah dan warga. Sampah biasa menumpuk di lokasi karena penaruh sampah tidak berdisiplin menyesuaikan jadwal pengangkutan sampah. Berikut adalah jadwal pengangkutan sampah sesuai spanduk yang ditempel di lokasi:

Jam Operasional Pengangkutan Sampah
Pagi: 06.00-06.30 WIB
Siang: 14.00-17.00 WIB
Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan Senen

Sampah di jalan Kramat, Senen, Jakarta Pusat.Kondisi sebelumnya, sampah di Jl Kenanga, Kramat, Senen, Jakpus. (Dok. Pasangmata)

Sebelumnya, seorang warga mengeluhkan kondisi sampah yang ditumpuk di jalanan itu. Dia meminta pemerintah bertindak dan membersihkan jalan tersebut dari sampah.

"Ini bukan tempat pembuangan sampah. Ini jalan raya umum ke arah sekolah SDN 1 Kramat," kata warga tersebut, Imron Rosyidi, saat dihubungi, Kamis (16/9).

(dnu/dnu)