detikcom Do Your Magic

Respons Warga, Pemkot Jakpus Bersihkan Jalanan Kramat dari Sampah

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 16:53 WIB
Penanganan sampah Jl Kenanga, Kramat, Jakpus, 17 September 2021. (Dok Pemkot Jakpus)
Penanganan sampah Jl Kenanga, Kramat, Jakpus, 17 September 2021. (Foto: dok. Pemkot Jakpus)
Jakarta -

Warga mengeluhkan sampah-sampah yang dibuang sembarangan di jalanan kawasan permukiman Kelurahan Kramat. Pemerintah Kota Jakarta Pusat merespons keluhan warga tersebut dengan membersihkan lokasi dari sampah.

Lokasi pembuangan sampah yang dikeluhkan warga ada di Jl Kenanga, Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Sampah biasa ditumpuk orang di lokasi ini karena ada pengangkutan sampah tiap pagi dan siang. Bukan hanya bau tak sedap, warga juga mengeluhkan tikus dan kecoa jadi masuk ke rumah-rumah warga gara-gara tumpukan sampah ini.

"Koordinasi penertiban dan penanganan sampah di lokasi pool gerobak Sedap Malam, Jl Kenanga, Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen," demikian Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma meneruskan informasi mengenai penanganan masalah lingkungan tersebut, Jumat (17/9/2021).

Pasukan oranye alias PPSU Kelurahan Kramat dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat turun tangan. Penanganan sampah ini dihadiri langsung oleh Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Senen, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Kramat, dan Sekretaris Kelurahan Kelurahan Kramat.

"Menindaklanjuti laporan warga Kelurahan Kramat," kata Dhany Sukma.

Penanganan sampah Jl Kenanga, Kramat, Jakpus, 17 September 2021. (Dok Pemkot Jakpus)Penanganan sampah Jl Kenanga, Kramat, Jakpus, 17 September 2021. (Foto: dok. Pemkot Jakpus)

Petugas-petugas gerobak Tempat Penampungan Sementara (TPS) Sedap Malam, Kelurahan Kramat, juga dikerahkan membereskan masalah sampah. Selepas pembersihan, petugas berseragam Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat memasang spanduk. Begini bunyi spanduk itu:

Himbauan
Jam Operasional Pengangkutan Sampah
Pagi: 06.00-06.30 WIB
Siang: 14.00-17.00 WIB
Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan Senen

Penanganan sampah Jl Kenanga, Kramat, Jakpus, 17 September 2021. (Dok Pemkot Jakpus)Penanganan sampah Jl Kenanga, Kramat, Jakpus, 17 September 2021. (Dok Pemkot Jakpus)

Sebelumnya, seorang warga mengeluhkan kondisi sampah yang ditumpuk di jalanan itu. Dia meminta pemerintah bertindak dan membersihkan jalan tersebut dari sampah.

"Ini bukan tempat pembuangan sampah. Ini jalan raya umum ke arah sekolah SDN 1 Kramat," kata warga tersebut, Imron Rosyidi, saat dihubungi, Kamis (16/9) kemarin.

(dnu/dnu)