BNPT Gelar Vaksinasi COVID-19 ke Mitra Deradikalisasi di Samarinda

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 01:51 WIB
BNPT vaksinasi mitra deradikalisasi
BNPT vaksinasi mitra deradikalisasi di Samarinda (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus mendukung percepatan program vaksinasi COVID-19 nasional. Setelah sukses menggelar vaksinasi ke mitra deradikalisasi di Sulawesi Tengah, Jawa Tengah dan Jawa Timur, kini giliran di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Kegiatan vaksinasi COVID-19 kepada mitra deradikalisasi BNPT digelar pada Jumat (17/9/2021). BNPT dibantu Laboratorium Kesehatan Daerah (LABKESDA), Kota Samarinda, menargetkan 100 mitra deradikalisasi dan warga sekitar untuk mendapatkan vaksin.

Sekretaris Utama BNPT, Mayjen TNI Untung Budiharto, menjelaskan ada dua tujuan mengapa BNPT bekerjasama dengan sejumlah Pemda dan dinas kesehatan dalam melakukan vaksinasi ke mitra deradikalisasi.

"Selain untuk mendukung program pemerintah, program ini juga merupakan dukungan kami bagi mitra deradikalisasi, penyintas, dan masyarakat untuk mendapatkan akses vaksinasi. Ditambah lagi, program ini bentuk nyata dari kontra narasi atas hoaks-hoaks vaksin yang beredar," kata Untung dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Untung, BNPT selalu hadir dan peduli kepada para mitra deradikalisasi yang membutuhkan perhatian dan bantuan. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.

"Kegiatan vaksinasi ini adalah bukti hadirnya negara dalam mengatasi pandemi Covid-19. Selain itu, program ini sebagai bentuk pemenuhan hak warga negara, khususnya bagi mitra deradikalisasi yang sempat termarjinalkan," ucapnya.

Sementara itu, Sofyan Hadi salah satu mitra deradikalisasi Samarinda menunjukkan antusiasme mengikuti vaksinasi. Ia juga turut mengajak agar semua masyarakat turut mendukung program percepatan vaksinasi nasional.

"Program vaksinasi merupakan ijtihad kami untuk mencegah masalah yang lebih besar untuk manfaat yang lebih baik, maka dari itu sore ini saya ikut serta dalam program vaksinasi ini. Ayo kita vaksin," ujarnya.

(fas/fas)