Duet Anies-Sandi Dinilai Sulit di 2024

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 16:17 WIB
Sandiaga Uno menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta. Sandi menghadap untuk menyerahkan surat pengunduran diri.
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

PKS membuka peluang mendorong Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk maju pada Pilpres 2024. Duet Anies-Sandi itu dinilai akan sulit terwujud karena mereka disebut dari dua kutub yang berbeda.

"Pertama, kalau melihat kecenderungan politik saat ini, sulit terjadi duet Anies-Sandi. Dua sosok ini berada di kolam yang berbeda. Anies kolam 'kampret', Sandi kolam 'cebong'. Dua kutub politik yang sampai kiamat sekalipun sulit disatukan. Gerindra dan Sandi mewakili kubu pemerintah yang berseberangan dengan pendukung Anies. Semangat kubu pemerintah di Pilpres 2024 cuma satu: asal bukan Anies," kata pengamat politik Adi Prayitno kepada wartawan, Jumat (17/9/2021).

Lebih lanjut, menurut Adi, level PKS dan Gerindra juga berbeda secara elektabilitas. Jadi PKS tidak memiliki daya jual yang tinggi terhadap Gerindra walaupun mendukung Anies.

"Kedua, pada level kekuatan politik, posisi Anies yang diusung PKS tak terlampau punya daya jual ke Gerindra. Secara partai lebih besar Gerindra dan secara elektabilitas Sandi juga masuk 5 besar. Tak terlampau jauh dengan Anies. Wajar jika Gerindra risi dengan upaya menjodohkan Anies-Sandi. Gerindra sepertinya menganggap Anies dan PKS bukan levelnya lagi," ujarnya.

Pandangan yang sama juga diungkapkan pengamat politik Hendri Satrio. Dia menilai Anies belum punya tiket meski elektabilitasnya tinggi, sedangkan Sandiaga, menurutnya, harus mengantre di belakang Prabowo.

"Apakah mungkin hal ini terjadi. Masalahnya, Mas Anies belum punya tiket walaupun hasil surveinya dua besar tertinggi, sementara Mas Sandi juga belum punya tiket karena harus ngantre di belakang Pak Prabowo," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut

Simak Video: Gerindra Risi Dengar Wacana Duet Anies-Sandi untuk Pilpres 2024

[Gambas:Video 20detik]