Tamu Undangan Pernikahan di TMII Bebas Ganjil Genap, Ini Syaratnya

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 16:04 WIB
Pos pengecekan ganjil genap menuju kawasan TMII (Wilda-detikcom)
Pos pengecekan ganjil-genap menuju kawasan TMII (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya mulai memberlakukan ganjil-genap (gage) di jalan menuju kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Aturan ini kemudian menimbulkan pertanyaan, apakah tamu undangan yang hendak menghadiri resepsi pernikahan di TMII juga kena ganjil-genap?

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memberi jawaban atas persoalan itu. Dia mengatakan tamu undangan yang hendak menghadiri acara di TMII bisa bebas ganjil-genap asalkan memenuhi sejumlah persyaratan.

"Kami tadi sudah berkomunikasi, berkoordinasi dengan pihak pengelola Taman Mini, jadi nanti kita kasih kebijakan untuk orang yang akan datang ke acara pernikahan, pemberkatan, akad nikah dan sebagainya, diperbolehkan dengan syarat membawa kartu undangan," kata Sambodo di TMII, Jakarta Timur, Jumat (17/9/2021).

Sambodo mengatakan bukti undangan itu harus dibawa secara fisik agar memudahkan petugas melihat keasliannya. Pihaknya tidak akan mengizinkan warga yang menggunakan mobil berpelat melanggar ganjil-genap melintas jika undangan hanya berupa tangkapan layar di ponsel.

"Undangan harus fisik, jadi tidak bisa cuma capture WhatsApp, itu tidak bisa. Jadi, kalau bisa, bawa undangan fisiknya untuk menyatakan bahwa memang betul dia adalah orang yang akan menuju ke tempat resepsi atau ke pernikahan," ungkapnya.

Tamu undangan yang datang di atas pukul 18.00 WIB tidak akan kena ganjil-genap. Menurutnya, aturan itu berlaku dari pukul 12.00 sampai 18.00 WIB.

"Kalau yang undangannya malam hari, di atas jam 6 kan boleh, tapi kalau undangannya siang hari, itu dipersilakan untuk membawa kartu undangan, sehingga nanti kita cocokkan bahwa memang itu betul orang yang masuk ke dalam itu adalah memang orang yang akan hadir untuk sehingga dia tidak terkena aturan ganjil-genap," tuturnya.

Sebelumnya, pantauan detikcom di lokasi, pukul 13.35 WIB, tampak petugas gabungan dari polisi dan Dinas Perhubungan DKI sudah berjaga di muka gerbang TMII. Polisi pun memasang spanduk pemberitahuan bertulisan 'pengendalian mobilitas ganjil genap pengunjung TMII pukul 12.00-18.00 WIB'.

Petugas tampak mengamati pergerakan mobil yang datang dari arah Cililitan, Jakarta Timur. Kendaraan berpelat genap yang mencoba masuk ke area TMII diberhentikan petugas.