Kesan Polisi di Riau Dipimpin Kapolsek Polwan Berusia 23 Tahun

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 15:56 WIB
Kapolsek Nadya saat turun ke lokasi pembunuhan sadis seorang anak yang tewas dipenggal (dok Istimewa)
Kapolsek Nadya saat turun ke lokasi pembunuhan sadis seorang anak yang tewas dipenggal. (Foto: dok. Istimewa)
Pekanbaru -

Ipda Nadya Ayu Nurlia menjadi kapolsek di Indragiri Hulu (Inhu), Riau, pada usia 23 tahun. Alumni Akpol 2020 tersebut diketahui kerap turun ke lapangan bersama anggota saat mengungkap kasus.

"Beliau memang masih muda kalau usia. Tetapi memang koordinasi kami dengan kapolsek bagus, tidak ada melihat usia," ujar Kanit Reskrim Polsek Batang Gansal, Aipda H Sianturi, kepada detikcom, Jumat (17/9/2021).

Bukan hanya soal usia, Nadya disebut selalu aktif 24 jam memantau situasi di Batang Gansal. Bahkan, saat pertama kali dinas, Polisi Wanita (Polwan) anak pertama dari empat bersaudara itu kerap turun ke desa-desa.

"Beliau aktif 24 jam. Kita setiap lidik-sidik, selalu laporan. Baru-baru masuk ke sini langsung turun ke desa-desa. Termasuk saat ini kan fokus vaksinasi ya, ini kami sama-sama turun ke desa dengan camat dan kades," katanya.

Kapolsek Nadya saat turun ke lokasi pembunuhan sadis seorang anak yang tewas dipenggal (dok Istimewa)Ipda Nadya dikenal kerap turun ke lapangan (Foto: dok. Istimewa)

Sianturi mengaku, selama 1 bulan Ipda Nadya berdinas, ada dua kasus menonjol diungkap. Kedua kasus itu adalah peredaran narkoba dan kasus pembunuhan terhadap anak yang sempat membuat geger.

"Sejak sama beliau, pertama kali diungkap masalah sabu. Setelah itu, kami ungkap kasus pembunuhan di PT PAL. Itu semua Kapolsek turun langsung ke lokasi," imbuh Sianturi.

Dikenal sebagai 'Kapolsek Lapangan'

Selain mengungkap kasus, anggota Polsek Batang Gansal diminta melaporkan semua kejadian. Sampai-sampai Nadya disebut oleh anggotanya sebagai 'kapolsek lapangan'.

"Pengaduan kecil-kecil saja harus tahu beliau. Intinya jiwa lapangan beliau ini mantap jiwa. Bahkan saat penggerebekan juga ikut di belakang mendampingi," kata Sianturi.

Ipda Nadya Ayu menjadi Kapolsek termuda di Riau. Wanita cantik berusia 23 tahun itu dipercaya menjadi Kapolsek Batang Gansal, Indragiri Hulu.Ipda Nadya saat memantau vaksinasi COVID-19 (Foto: dok. Pribadi)

Terakhir, Sianturi mengakui hampir semua anggota di Polsek Batang Gansal berusia lebih tua dari Nadya. Namun hal itu tak membuat komunikasi mereka dengan wanita kelahiran Bengkulu 1998 tersebut terganggu.

"Kita anggap beliau kapolsek, tidak melihat usialah. Ya bahasanya juga sangat pantas ke kami, karena sebelumnya juga kan ada kapolsek seusia beliau laki-laki," katanya.

Kapolsek Polwan Termuda di Riau

Ipda Nadya resmi menjabat Kapolsek Batang Gansal pada 16 Agustus 2021. Sebelumnya, dia berdinas di Mapolda Riau.

Saat pertama bertugas, Nadya mengaku langsung mengumpulkan seluruh anggotanya. Dia mengatakan ada 23 polisi yang menjadi anggotanya di Polsek Batang Gansal. Dia menjadi salah satu kapolsek termuda di Riau.

Yang jadi tantangan, katanya, ada enam anggotanya yang seumuran dengan ayahnya. Nadya mengaku bakal menjadikan momen langka ini untuk menambah pengalaman.

Dia mengatakan perbedaan usia tak menjadi masalah. Mantan Danton Dalmas Dir Samapta itu mengaku mendapatkan ilmu dan pengalaman dari anggotanya.

(ras/jbr)