2 Korban Tewas Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV: Petugas Lapas-Pekerja Proyek

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 12:31 WIB
Jakarta -

Dua orang tewas dalam kejadian tenggelamnya kapal penyeberangan Pengayoman IV di perairan Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah (Jateng), pagi tadi. Dua korban tewas adalah petugas lapas dan pekerja proyek.

"Dua orang meninggal, petugas lapas dan pekerja proyek," kata Kabag Humas Kementerian Hukum dan HAM Tubagus Erif Faturahman kepada wartawan, Jumat (17/9/2021).

Erif mengatakan Sesditjen Pemasyarakatan langsung menuju ke Nusakambangan untuk memonitor dan berkoordinasi dengan Kakanwil Jateng setelah mendapat laporan soal kapal penyeberangan Pengayoman IV tenggelam. Setelah itu, pihaknya melakukan evakuasi dan mendapati hanya ada empat orang selamat dari enam penumpang kapal tersebut.

"Sesuai dengan laporan awal Kalapas 1 Batu Nusakambangan, langkah-langkah yang telah diambil sebagai berikut, mengerahkan kapal Pengayoman dan compreng untuk membantu evakuasi, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk membantu evakuasi dan pertolongan," kata Erif.

"Dari hasil evakuasi sementara, enam orang dievakuasi, empat orang selamat," sambungnya.

Empat orang yang selamat itu adalah nakhoda kapal dan awak kapal, sementara dua orang lainnya tak terselamatkan.

Diketahui kapal Pengayoman IV milik Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan Kemenkumham tenggelam saat menyeberang dari Dermaga Wijayapura, Cilacap, menuju Dermaga Sodong, Nusakambangan, sekitar pukul 09.00 WIB.

"Kronologinya itu menyeberang, saat di tengah-tengah antara dermaga keberangkatan Wijayapura menuju Sodong, Nusakambangan, di pertengahan penyeberangan itu, anginnya kencang dan langsung kapal itu terbalik," kata Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya hari ini.

(aud/aud)