IDI Papua Minta Jaminan Keamanan Tenaga Kesehatan kepada Gubernur

Wilpret Siagian - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 23:38 WIB
Logo IDI
Logo IDI (Dok. Istimewa)
Jayapura -

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Papua meminta Gubernur Papua memberikan jaminan keamanan. Hal ini diperuntukkan bagi tenaga kesehatan yang bertugas di seluruh Provinsi Papua.

Surat tersebut disampaikan sehubungan kejadian pembakaran fasilitas kesehatan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, yang mengakibatkan sejumlah tenaga kesehatan terluka, bahkan meninggal dunia. Dalam surat tersebut IDI juga mengecam tindakan aksi tersebut.

"Kami mengancam tindak aksi tersebut," tulis Ketua IDI Wilayah Papua, Dr Donal Willem S Aronggear.

Surat yang ditujukan kepada Gubernur Papua itu juga sebagai bentuk pernyataan sikap para dokter atas kejadian yang menimpa tenaga kesehatan di Distrik Kiwirok Pegunungan Bintang.

Dalam suratnya, Ketua IDI wilayah Papua itu lebih jauh menyatakan, demi tetap menjaga kelancaran pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh para tenaga kesehatan di wilayah Papua. IDI wilayah Papua menyatakan sikap dengan meminta Pemerintah Provinsi Papua beserta TNI/Polri untuk menjamin keamanan dan keselamatan tenaga kesehatan yang bertugas di seluruh wilayah Papua.

Meminta Pemerintah Provinsi Papua melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota, para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat untuk ikut terlibat menjaga keamanan para tenaga kesehatan dalam menjalankan tugas.

Dia juga berharap kejadian serupa tidak terulang sehingga tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan dengan tenang tanpa ada tekanan ataupun rasa takut saat bertugas di Tanah Papua.

(dwia/dwia)