2 Nakes Korban Teroris KKB Pegunungan Bintang Ditemukan di Dasar Jurang

Wilpret Siagian - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 12:22 WIB
KKB diduga bakar sejumlah fasilitas umum di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang (ANTARA/HO-pihak ketiga)
Teroris KKB membakar sejumlah fasilitas umum di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang. (ANTARA/HO-pihak ketiga)
Pegunungan Bintang -

Dua tenaga kesehatan (nakes) yang sempat hilang usai teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) membakar fasilitas umum di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, ditemukan di dasar jurang. Evakuasi keduanya sempat terkendala cuaca buruk.

Kedua nakes itu, yakni Kristina Sampe dan Gabriela Meilan, ditemukan pada Rabu (15/9) pukul 15.20 WIT. Kristina ditemukan dalam kondisi hidup, sedangkan Gabriela sudah meninggal dunia.

"Personel gabungan TNI-Polri menerima informasi bahwa masyarakat telah menemukan dua orang tenaga medis yang hilang saat pascapenyerangan oleh KKB di dasar jurang," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya, Kamis (15/9/2021).

Setelah menerima laporan masyarakat dan mengetahui lokasi keberadaan nakes itu dasar jurang, pada Rabu (15/9) pukul 16.32 WIT, tim gabungan TNI-Polri turun ke dasar jurang untuk melakukan evakuasi.

Selanjutnya, pada pukul 16.32 WIT, personel gabungan berhasil mengevakuasi Kristina Sampe dari jurang dan selanjutnya korban dibawa ke Pos Pamtas 403/WP guna mendapatkan perawatan medis. Namun evakuasi korban Gabriela langsung terkendala cuaca buruk.

"Pukul 19.35 WIT pada saat akan dilakukan evakuasi terhadap korban atas nama Gabriela Meilan cuaca memburuk dan medan yang sangat terjal sehingga tim menunda evakuasi pengangkatan jenazah," ujarnya.

Rencananya, tim gabungan baru akan mengevakuasi jenazah Gabriela dari dasar jurang pada hari ini.

Sebelumnya diberitakan, 3 orang nakes hilang usai teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) membakar SD hingga puskesmas di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

"Memang benar ada laporan dari Satgas Pengamanan Perbatasan Yonif 403/WP yang saat ini bertugas di Kiwirok, tiga (nakes) belum diketahui keberadaannya," kata Dandrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan di Jayapura, Selasa (14/9).

Tiga nakes yang hilang itu ialah Kristina Sampe Tonapa (perempuan 32 tahun), Gabriela Mai Lani (perempuan 22 tahun), dan Geral Sukoi (laki-laki 28 tahun). Ketiganya diduga melarikan diri ke pegunungan saat teroris KKB Papua membakar puskesmas dan fasilitas rumah dinas mereka pada Senin (13/9) lalu.

"Saat kejadian itu, mereka mencoba menyelamatkan diri, kita akan memperhitungkan keadaan taktis, medan untuk lakukan pencarian, karena sangat rawan di sana," ungkap Brigjen Izak.

Simak video 'BNPT: Serangan Terorisme di PON Papua Suatu Keniscayaan':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)