Di Depan Gubsu-Bobby, Jokowi Minta Ketimpangan Vaksinasi Diperbaiki!

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 19:26 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Medan -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti adanya ketimpangan angka vaksinasi di daerah-daerah di Sumatera Utara (Sumut). Jokowi meminta agar ketimpangan ini segera diperbaiki.

Jokowi awalnya berbicara soal vaksinasi lansia di Sumut yang baru mencapai 24 persen. Jokowi mengatakan hal ini sudah cukup bagus daripada daerah lain.

"Masuk ke vaksinasi, di Sumut secara umum 26 persen, lansia meskipun 24 persen saya anggap sudah lumayan karena yang lain masih ada yang 15," kata Jokowi di rumah dinas Gubsu, Medan, Kamis (16/9/2021).

Jokowi ini dihadiri seluruh kepala daerah di Sumut secara langsung dan virtual. Di antara yang hadir langsung adalah Gubsu Edy Rahmayadi hingga Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Presiden Jokowi memberikan arahan soal vaksinasi kepada kepala daerah se-Sumut.Presiden Jokowi memberikan arahan soal vaksinasi kepada kepala daerah se-Sumut. (Arfah/detikcom)

Jokowi kemudian berpesan untuk berhati-hati karena adanya ketimpangan vaksinasi di daerah-daerah di Sumut. Jokowi menyebut ada daerah yang sudah 82 persen warganya divaksinasi, tapi ada daerah lain yang hanya 7 persen.

"Kemudian hati-hati, tadi Panglima TNI sudah menyampaikan ada gap ada kota kota tertentu dengan kabupaten kota yang ada, yang angkanya sangat jauh, 82 persen sampai 7 persen," ucap Jokowi.

Dari data yang dipaparkan Jokowi, daerah di Sumut yang vaksinasi nya mencapai 82 persen yaitu Kabupaten Pakpak Bharat. Sementara untuk daerah yang vaksinasi warganya masih 7 persen adalah Kabupaten Nias Selatan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Tonton juga Video: Bobby Nasution Bersiaga Cegah Varian Corona di Pelabuhan Medan

[Gambas:Video 20detik]