Kota Tua Ditutup Saat Crowd Free Night, Ini Pengalihan Arusnya

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 19:09 WIB
Pembatasan pengunjung di Kota Tua Jakarta
Kawasan Kota Tua Jakarta Barat (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, diberlakukan crowd free night mulai malam ini. Selama crowd free night, kawasan Kota Tua, tepatnya di Jalan Kunir, Tamansari, Jakarta Barat, akan ditutup.

Kapolsek Metro Tamansari Iverson Manosoh mengatakan pihaknya telah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas selama pemberlakuan crowd free night.

"Kita buat crowd free night itu mengalihkan arus lewat belakang, kemudian lewat samping sebelum Daihatsu itu. Dia melambung lewat belakang dan melewati titik rawan kerumunan dan itu efektif," kata Iver saat dikonfirmasi, Kamis (16/9/2021).

Nantinya, arus lalu lintas yang hendak melalui Jalan Kunir akan dialihkan ke Jalan Kali Besar Timur menuju Jalan Cengkeh.

Berikut rekayasa pengalihan arusnya:

Penutupan titik awal di Jl Kunir (setelah jembatan)
- kendaraan dibelokkan ke kiri ke Jl Kali Besar Timur 1
- lanjut belok kanan ke Jl. Nelayan timur
- lanjut belok kanan Jl.Cengkeh
- Keluar lagi ke Jl Kunir (ujung sebelum Daihatsu)
- lanjut rute jalan umum dst

Berlaku Mulai Malam Ini

Crowd free night di Kota Tua sebetulnya sudah diuji coba pada Sabtu (11/9) malam lalu. Crowd free night di Kota Tua diberlakukan mulai malai ini.

"Itu kita uji coba di hari Sabtu (11/9) malam Minggu kemarin. Tadi malam kami coba itu. Efektif itu, crowd free night ini tujuannya kita mengendalikan arus kemudian untuk rekayasa lalu lintaslah ya. Tujuannya untuk menghindari titik kerumunan. Jadi Kota Tua ini jadi tempat dari dulu kan ada banyak kerumunan," ujar Iver.

Dengan adanya crowd free night tersebut diharapkan dapat mengurangi kerumunan dengan tempat kuliner yang berkerumun di atas pukul 22.00 WIB. Nantinya, crowd free night akan mulai diberlakukan di atas pukul 22.00 WIB hingga 04.00 WIB.

"Jadi sudah tidak ada layanan apapun itu. Kita menyesuaikan dengan jam busway operasi. Karena busway kan di atas jam 10 ke atas udah nggak beroperasi, baru kita lakukan crowd free night. Kesepakatan dengan tiga pilar mulai crowd free night dan efektif," jelas Iver.

Simak Video: Ingat! Jakarta Masih Berlakukan Crowd Free Night Tiap Akhir Pekan

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)