Kawal Sidang Gugatan Kubu KLB, Demokrat Bawa Bukti Tambahan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 11:30 WIB

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan pihaknya akan mengawal sampai tuntas gugatan ini. Partai Demokrat, kata Herzaky, mewaspadai upaya-upaya putar balik fakta oleh pihak Moeldoko.

"Pagi ini kami dari Partai Demokrat, meminta publik dan juga masyarakat terutama ya para pejuang demokrasi untuk mengawasi, untuk melihat dan mengamati dari dekat upaya-upaya putar balik fakta-fakta hukum yang akan dilakukan oleh pihak KSP Moeldoko di pengadilan," ujarnya.

Sidang perkara gugatan kubu Moeldoko terhadap Menkumhan Yasonna Laoly atas ditolaknya pengesahan KLB Deli Serdang saat ini tengah berlangsung. Anggota Majelis Tinggi PD Hinca Pandjaitan dan Herzaky beserta tim advokasi telah berada di ruang sidang. Persidangan terbatas sehingga awak media hanya diperkenankan untuk mengambil gambar saja.

Diketahui, sidang ini bernomor 150/G/2021/PTUN-JKT yang diketuai oleh Majelis Hakim Enrico Simanjuntak. Pada hari ini juga digelar sidang gugatan tiga mantan kader Demokrat peserta KLB kepada Menkumham untuk membatalkan SK AD/ART dan Kepengurusan Partai DemokratTahun 2020. Perkara No.154/G/2021/PTUN-JKT yang diketuai Bambang Soebiyantori ini akan menggelar pemeriksaan tiga saksi penggugat.

Sebelumnya, pada akhir Juni lalu, pihak Moeldoko telah memasukkan dua gugatan kepada Menkumham di Pengadilan TUN Jakarta. Dalam dua gugatan tersebut, Partai Demokrat sebagai tergugat dua intervensi.


(whn/aud)