Bioskop Buka Lagi, Pakar Usul Terapkan Zonasi-Status Warna di PeduliLindungi

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 07:40 WIB
Akhirnya, bioskop di Jakarta kembali diperbolehkan untuk buka. Hal ini sesuai dengan keputusan Pemprov DKI Jakarta untuk kembali melonggarkan PSBB.
Ilustrasi, bioskop kala pandemi (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah menguji coba pembukaan bioskop di sejumlah wilayah yang berkategori PPKM level 2-3. Pembukaan bioskop ini disarankan dengan menerapkan sistem zonasi.

"Menurut saya, perlu sistem zonasi. Sistem zonasi ini sangat penting untuk membatasi bahwa penontonnya tetap di daerah yang sama kabupaten atau kota yang sama," ujar Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman kepada detikcom, Rabu (15/9/2021).

Artinya, warga Jakarta hanya boleh menonton film di bioskop yang ada di Ibu Kota. Sementara, warga selain luar Jakarta, tidak diperkenankan.

"(Sistem) zonasi ini merupakan salah satu jaring pengaman, jaring pembatas, dan tentu di sisi lain yang paling utama adalah daerah itu harus menjaga 3T, 5M, dan vaksinasinya," jelas Dicky.

Epidemiolog, Dicky Budiman. (Dok pribadi)Foto: Epidemiolog, Dicky Budiman. (Dok pribadi)

Protokol kesehatan yang ketat juga harus diterapkan. Mulai dari pembatasan kapasitas, registrasi online, sirkulasi udara, dan ventilasi juga perlu diperhatikan.

"Kalau ini dikombinasikan dengan zonasi dan protokol kesehatan, akan relatif menurunkan risiko. Apalagi ini indoor dan lama kan film rata-rata 1 jam," pungkas Dicky.

Pakar UGM turut berkomentar. Simak di halaman selanjutnya