ADVERTISEMENT

Bioskop Buka Lagi Besok, Ini 5 Hal yang Harus Diketahui

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 19:09 WIB
Bioskop Buka Lagi Besok, Ini 5 Hal yang Harus Diketahui
Bioskop Buka Lagi Besok, Ini 5 Hal yang Harus Diketahui -- kondisi persiapan pembukaan bioskop di Surabaya (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Jakarta -

Bioskop buka kini menjadi hal yang perlu diketahui. Sebab, mulai 16 September 2021 besok, bioskop sudah boleh diizinkan beroperasi lagi oleh pemerintah.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum nonton di bioskop. Apa saja itu? Simak serba-serbi informasi terbarunya di bawah ini.

Bioskop Buka Hanya untuk Wilayah PPKM Level 2 dan 3

Aturan bioskop buka ini diperbolehkan hanya untuk wilayah yang menerapkan PPKM level 2 dan 3. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan memberlakukan penyesuaian aktivitas masyarakat di periode perpanjangan PPKM level 1-4. Dia mengatakan salah satunya adalah pembukaan bioskop di wilayah PPKM level 2-3.

"Ada beberapa penyesuaian dan pengetatan aktivitas masyarakat yang bisa dilakukan dalam periode minggu ini, antara lain, pertama, pembukaan bioskop," ujar Luhut saat konferensi pers, Senin (13/9/2021) lalu.

Luhut juga menyampaikan bahwa pembukaan bioskop berlaku untuk kabupaten/kota dengan PPKM level 2 hingga 3 dengan maksimal pengunjung 50%.

"Pembukaan bioskop hanya dengan kapasitas maksimal 50% pada kota level 3 dan level 2," tambahnya.

Bioskop Buka di Jakarta, Ini Aturan Kepgub Anies

Pemprov DKI Jakarta akan melakukan uji coba pembukaan bioskop di masa PPKM level 3. Kapasitas maksimal yang dibolehkan untuk nonton di bioskop adalah 50%.

Aturan ini sesuai dengan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1096 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3. Kepgub tersebut ditandatangani Gubernur Anies Baswedan pada 13 September 2021.

"Kapasitas maksimal 50% dan hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam PeduliLindungi yang boleh," demikian bunyi Kepgub yang dilihat, Rabu (15/9/2021).

Bioskop Buka di Bandung Besok, Ini Informasinya

Pemkot Bandung memberi izin untuk bioskop beroperasi kembali. Lalu, kapan bioskop buka lagi di Bandung?

"Insyaallah besok. Kita lagi prepare (persiapan), kita siap semua prokesnya, fasilitas. Terutama prokes sih," kata Regional Manager Bioskop CGV Kota Bandung Egie Wisaksono kepada detikcom, Rabu (15/9/2021).

Egie juga menyebutkan 6 bioskop CGV yang akan dibuka di Bandung. Dari enam tersebut, hanya empat yang dibuka mulai besok. Keempat bioskop tersebut adalah bioskop CGV di Paskal, CGV Paris Van Java (PVJ), CGV Kings Shooping Center, dan CGV di Bandung Electronic Center (BEC). Sisanya masih menunggu giliran.

"(Untuk dua tempat lagi CGV Miko Mall dan CGV MIM) kita mempertimbangkan film yang masuk, melihat hype masyarakat gimana, kemungkinan minggu depan (dua lagi buka)," tambah Egie.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT