Waspada Ular Bermunculan di Musim Hujan, Bersih-bersih Solusinya

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 05:45 WIB
Warga Sungai Bambu geger saat ditemukan ular piton di kawasan kali Sungai Bambu, Jakarta Utara, Jumat (18/5/18). Ular tersebut memiliki panjang hingga 4 meter.
Ilustrasi ular (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Fenomena ular bermunculan di permukiman warga kala musim hujan marak terjadi, salah satunya di Banyuwangi terkait temuan sarang ular 2 meter beserta 20 telur ular. Lantas, bagaimana agar ular tak masuk ke permukiman warga?

"Sering membersihkan lokasi agar tidak ada mangsa ular," ujar Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat, kepada detikcom, Rabu (15/9/2021).

Aji menyarankan warga untuk memasang jebakan tikus. Karena bau tikus, mengundang ular untuk datang.

Selain itu, ular tidak menyukai bau menyengat. Hal itu akan mengganggu indra penciumannya.

"Karenanya area yang wangi dan bersih tidak disukai ular untuk tempat sembunyi. Begitu juga sebaliknya, ular suka sudut atau lubang atau area yang lembab gelap dan jarang dibersihkan di dalam rumah," jelas Aji.

Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat (Dok pribadi)Foto: Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat (Dok pribadi)

Warga diminta untuk tidak panik bila melihat ular di kebun kosong atau tepi sungai. Justru jika area tersebut dibersihkan, maka dikhawatirkan ular akan datang ke rumah-rumah warga.

"Jika kita tinggal di tepi sawah/kebun terbuka, maka langkah rutin pembersihan di dalam rumah menjadi aksi aktif mencegah ular masuk rumah, bukan dengan menangkapi ular yang di sawah," lanjutnya.

Kenapa Ular Kerap Datang di Musim Hujan?

Aji angkat bicara terkaitnya banyaknya ular di permukiman warga kala musim hujan. Ia menjelaskan ular berdatangan ke lingkungan manusia karena sarang dan lubang persembunyiannya dipenuhi air hujan.

"Karena saat hujan banyak lubang-lubang sembunyi ular kemasukan air jadi mereka berpindah cari lokasi yang lebih kering," sebut Aji.

"Juga saat hujan ular kedinginan, mereka butuh tempat hangat," sambungnya.

Sarang king kobra di sekolah, simak di halaman berikutnya

Simak juga 'Ular Sanca Masuk Rumah Warga di Jaktim, Menyelinap di Plafon Atap':

[Gambas:Video 20detik]