Polisi Tangkap 4 Pelaku Curanmor di Tarumajaya Bekasi, Begini Modusnya

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 23:33 WIB
Kapolsek Tarumajaya AKP Edy Suprayitno (Dok Polsek Tarumajaya)
Kapolsek Tarumajaya AKP Edy Suprayitno (Dok. Polsek Tarumajaya)
Bekasi -

Polisi menangkap 4 pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Keempat pelaku ini memiliki modus yang berbeda-beda.

Empat pelaku itu berinisial SW, MY, ES, dan AB. Mereka kerap beraksi di wilayah Tarumajaya.

Untuk pelaku SW, ia mengincar motor-motor yang tidak dikunci stang oleh pemiliknya. Setelah mendapatkan target, SW mendorong motor curiannya hingga berada di tempat yang aman.

"Melancarkan aksinya, yaitu dengan cara mobile atau berkeliling mencari sasaran/korban yang memarkir kendaraan dengan tidak dikunci ganda/stang, kemudian pelaku mendorong kendaraan dengan kaki (distep) dengan pelaku lainnya atas nama N masih DPO," ujar Kapolsek Tarumajaya AKP Edy Suprayitno dalam keterangannya, Selasa (14/9/2021).

Sementara tersangka MY dan ES mencari sasaran motor yang terparkir, tapi tidak terpantau korban. Keduanya beraksi menggunakan kunci letter-T.

"Tersangka AB melancarkan aksinya dengan modus mencari korban yang mengendarai kendaraan sepeda motor sendiri dan ditempat sepi, selanjutnya pelaku menakut-nakuti korban dengan menggunakan senjata tajam dengan celurit dan golok," imbuhnya.

Pelaku menjual motor curiannya tersebut secara online dengan harga Rp 2-2,5 juta. Uang hasil penjualan dibuat foya-foya.

Barang bukti yang diamankan ialah 3 unit motor, senjata tajam berbagai jenis, kunci leter T, pakaian pelaku, pelat motor. Pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP terkait tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

(isa/eva)