Kelas Roboh, 71 Murid MI Polman Belajar Tanpa Meja-Kursi di Ruang Guru

Abdy Febriadi - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 20:15 WIB
Murid MI di Polman, Sulbar belajar tanpa kursi di raung guru karena kelas ambruk
Murid MI di Polman, Sulbar, belajar tanpa kursi di raung guru karena kelas ambruk. (Abdy F/detikcom)

Sementara itu, Ketua Komite MI DDI Penatangan, Mahmud, mengungkapkan, sejak dibangun pada tahun 1979, sekolah ini belum pernah mendapat bantuan perbaikan bangunan.

"Awal mula sekolah berdiri sejak tahun 1970, mulai dibangun gedungnya pada tahun 1979, setelah sekolah mendapat anggaran. Dibangun pemerintah dengan swadaya masyarakat, dan sampai saat ini belum pernah mendapat bantuan rehabilitasi," terang Mahmud.

Mahmud menyebut, sejak bangunan kelas di sekolah ini mengalami kerusakan, hingga dua di antaranya ambruk beberapa hari lalu, membuat aktivitas belajar menjadi tidak normal. Untuk itu, dia berharap pemerintah segera turun tangan, memperbaiki bangunan sekolah yang ambruk.

"Karena tidak ada sekolah lain kecuali MTs yang bisa difungsikan tempatnya, anak-anak di sini menjadi tidak maksimal belajar karena terpencar. Saya atas nama masyarakat, sangat mengharapkan bantuan pemerintah, untuk menangani kelangsungan sekolah, yang harus segera diperbaiki," jelas Mahmud.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, ruang kelas yang ambruk terbuat dari papan dan balok. Bangunan ini ambruk karena material bangunannya lapuk dimakan usia. Ambruknya ruangan, turut menimbulkan kerusakan meja dan kursi, lantaran tertimpa material bangunan.

Kendati ruang kelas lainnya tampak masih berdiri, warga bersama pihak sekolah bersepakat untuk tidak memanfaatkannya lagi. Sebab, kondisinya yang terancam ambruk.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal tidak diinginkan, pengelola sekolah dibantu aparat TNI dan Polisi, langsung menyingkirkan sisa material bangunan kelas yang ambruk. Para murid juga diimbau untuk tidak bermain, di sekitar ruang kelas yang kondisinya sudah rusak parah.


(lir/lir)