MAKI Klaim Punya Transaksi Mencurigakan Eks Bupati Kukar, Dilaporkan ke KPK

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 17:08 WIB
MAKI Klaim Punya Transaksi Mencurigakan Eks Bupati Kukar (Foto: Azhar/detikcom)
MAKI Klaim Punya Transaksi Mencurigakan Eks Bupati Kukar (Azhar/detikcom)

Sebelumnya, KPK menegaskan bahwa peran Rita dalam pengembangan perkara tindak pidana pencucian uang atau TPPU masih diusut. Ali menepis bahwa perkara ini mangkrak.

"KPK pastikan penanganan perkara ini masih terus berjalan. Tim masih terus bekerja melengkapi berkas penyidikannya," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (6/9).

"Sehingga tidak tepat jika ada pihak mengatakan perkara ini mangkrak," sambungnya.

Mantan Bupati Kukar itu awalnya dijerat KPK berkaitan dengan suap dan gratifikasi. Dia telah divonis 10 tahun penjara dan denda Rp 600 juta subsider 6 bulan kurungan. Rita terbukti menerima uang gratifikasi Rp 110.720.440.000 terkait perizinan proyek pada dinas Pemkab Kukar dan menerima uang suap Rp 6 miliar terkait pemberian izin lokasi perkebunan sawit. Uang suap itu diterima dari Direktur Utama PT Sawit Golden Prima Hery Susanto Gun alias Abun.

Atas vonis itu, Rita sudah dieksekusi ke Lapas Perempuan Pondok Bambu sejak Juli 2018. Namun, beberapa bulan sebelumnya, tepatnya pada Januari 2018, KPK memberikan sangkaan baru pada Rita, yaitu terkait pencucian uang yang hingga kini kasusnya masih berproses.


(mae/mae)