Pemprov DKI Tunggu SE Kemenparekraf untuk Uji Coba Buka Bioskop

Tiara Aliya Azahra - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 17:05 WIB
Sejumlah bioskop di Jakarta tetap buka bahkan dengan kelonggaran operasional dan kapasitas maksimal 50% dari sebelumnya hanya 25%. Nyatanya, masih sepi.
Ilustrasi (Eduardo Simorangkir/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta segera melakukan uji coba pembukaan bioskop di Ibu Kota. Uji coba akan dilakukan usai Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menerbitkan standard operating procedure (SOP) pembukaan bioskop.

"Untuk bioskop sesuai amanat di Inmendagri, saat ini sedang dipersiapkan oleh Kemenparekraf terkait SOP, protokol kesehatan dan daftar bioskop nya yang akan mengikuti uji coba," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gumilar Ekalaya saat dihubungi, Selasa (14/9/2021).

Gumilar memastikan semua bioskop di Jakarta sudah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi. Sehingga, dimungkinkan untuk melaksanakan uji coba.

"Untuk wilayah DKI Jakarta sudah seluruhnya terintegrasi dengan PeduliLindungi. Jadi begitu surat edaran (SE) dari Kemenparekraf sudah keluar, untuk bioskop Jakarta sudah bisa beroperasi," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah mengumumkan perpanjangan PPKM level 2, 3, dan 4 di Jawa-Bali. Ada sejumlah aturan baru yang diterapkan untuk wilayah PPKM level 2 dan 3.

Pengumuman perpanjangan PPKM itu disampaikan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam konferensi pers virtual, Senin (13/9/2021). PPKM level 2, 3 dan 4 di Jawa-Bali diperpanjang hingga 20 September.

Berikut aturan terbaru PPKM level 2 dan 3 yang diatur dalam Inmendagri Nomor 42 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, 3, dan 2 COVID-19 di Wilayah Jawa dan Bali terkait pembukaan bioskop:

a) wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan screening terhadap semua pengunjung dan pegawai;
b) kapasitas maksimal 50% (lima puluh persen) dan hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam Peduli Lindungi yang boleh masuk;
c) pengunjung usia d) dilarang makan dan minum atau menjual makanan dan minuman dalam area bioskop;
e) mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan; dan
f) daftar perusahaan yang akan mengikuti uji coba ini ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

(lir/lir)