Padang PPKM Level Berapa? Ini Statusnya Sesuai Inmendagri

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 12:25 WIB
Padang PPKM Level Berapa? Ini Statusnya Sesuai Inmendagri
Padang PPKM Level Berapa? Ini Statusnya Sesuai Inmendagri (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Padang PPKM level berapa? Pertanyaan ini masih dicari dan juga dibutuhkan warga Padang. Status level PPKM terkait dengan aturan yang berlaku di wilayah tersebut.

Saat ini, PPKM di luar Jawa-Bali yang masih diterapkan sampai 20 September 2021 mendatang. Periodesasi PPKM luar Jawa Bali berbeda dengan PPKM Jawa Bali yang berlangsung setiap 1 pekan.

Menjawab pertanyaan Padang PPKM level berapa, simak ulasannya di bawah ini.

Padang PPKM Level Berapa? Ini Penjelasannya

Dikutip dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 40 tahun 2021, status PPKM kota Padang kini belum berubah, yakni masih ada di level 4 PPKM luar Jawa-Bali. Status ini masih berlaku sampai tanggal 20 September 2021.

Namun, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan terdapat dua provinsi di luar Jawa-Bali yang turun status dari PPKM level 4, dan masih ada 23 daerah kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4. Menurutnya aturan ini diterapkan untuk persiapan penurunan PPKM yang ada di wilayah tersebut.

"Kalau kita lihat secara provinsi terjadi penurunan dari level 4, yaitu dari dua provinsi menjadi tidak ada di level 4. Kemudian level 3 dari 22 menjadi 16, dan di level 2 dari tiga menjadi 11 provinsi," ucap Airlangga dalam konferensi pers virtual, Senin (13/9/2021).

"Namun, di 23 kabupaten/kota tetap kami terapkan PPKM level 4," ujarnya.

Menko Airlangga juga menyatakan bahwa PPKM level 4 akan terus diberlakukan meski daerah-daerah tersebut menunjukan penurunan kasus baru, penurunan kematian, hingga penurunan BOR. Dia menyatakan 17 dari 23 daerah tersebut sebenarnya sudah dibolehkan turun level.

"17 kabupaten/kota sudah mengalami perbaikan, 16 kabupaten/kota turun dari level 4 ke level 3, dan ada 1 kabupaten/kota turun ke level 2," tambahnya.

Setelah mengetahui Padang PPKM level berapa, simak informasi selanjutnya di halaman berikutnya.