PPKM Palembang: Level Terbaru hingga Aturannya

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 18:11 WIB
PPKM Palembang: Level Terbaru hingga Aturannya
Ilustrasi PPKM (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

PPKM Palembang kini kembali diterapkan setelah pemerintah mengumumkan perpanjangan status PPKM di luar Jawa Bali pada Senin (6/9/2021) lalu. PPKM untuk luar Jawa Bali diperpanjang selama 2 pekan, yakni mulai 7 September hingga 20 September 2021.

Di luar Jawa-Bali, kini terdapat 19 kabupaten/kota yang sudah turun dari PPKM level 4 ke level 3, salah satunya Kota Palembang. Sementara itu, masih ada 23 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kini tinggal dua provinsi yang masih ada di level 4 sejak awal.

"PPKM yang ditetapkan di 23 kabupaten/kota, 15 kabupaten/kota dari 34 level 4 masih di level 4, yang sudah turun adalah 19 kab/kota namun ada tambahan 8 kabupaten/kota yang mengalami peningkatan dari level 3 ke level 4, sehingga total yang diterapkan level 4 adalah 23 kabupaten/kota," ujarnya.

Untuk mengetahui serba-serbi PPKM Palembang, simak informasi tentang level terbaru hingga aturan-aturannya di bawah ini.

PPKM Palembang: Level Terbaru

Status level PPKM Palembang merujuk pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagari) Nomor 41 Tahun 2021. Di dalam instruksi tersebut, Kota Palembang kini menerapkan PPKM level 3.

Perubahan level ini dilakukan dengan mempertimbangkan kriteria zonasi pengendalian wilayah sampai tingkat RT, serta kriteria level berdasarkan asesmen sesuai dengan pedoman yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Aturan Baru PPKM Palembang

Setelah mengetahui PPKM Palembang turun, yakni ada di level 3. Kini simak beberapa aturan baru yang diterapkan sesuai Inmendagri Nomor 41 Tahun 2021.

Sekolah Tatap Muka Boleh Digelar

Sesuai dengan aturan PPKM level 3, pembelajaran tatap muka di sekolah sudah diperbolehkan. Kapasitas maksimalnya hanya 50%. Namun ada pengecualian untuk:
1. SDLB, MILB, SMPLB, SMLB, dan MALB maksimal 62% sampai 100% dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 5 peserta didik per kelas.
2. PAUD maksimal 33% dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 5 peserta didik per kelas.

Waktu Dine-in atau Makan Ditempat

Untuk wilayah Palembang dan wilayah lainnya di Sumatera Selatan (Sumsel) yang masih menerapkan PPKM level 3, pemerintah kini menambah kapasitas dine-in. Mengacu pada aturan Inmendagri Nomor 41 Tahun 2021, dine-in maksimal 50 persen dengan jam operasional hingga pukul 20.00.

Waktu Operasional Mal

Masih dalam aturan Inmendagri Nomor 41 Tahun 2021, kini jam operasional mal di wilayah PPKM level 3 sudah diperpanjang. Mal boleh beroperasi pada pukul 10:00-21.00 waktu setempat dengan kapasitas 50 persen. Dengan syarat pengunjung sudah divaksinasi minimal dosis satu.

Informasi soal PPKM Palembang kini sudah diketahui. Selanjutnya, terkait daftar daerah yang menerapkan PPKM level 3 di Sumatera Selatan.