Deretan Kontroversi Influencer Medina Zein yang Kini Dipolisikan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 17:37 WIB
Iqbal dan Medina Zein.
Medina Zen (Dok. Instagram/@iqbalcello.)
Jakarta -

Medina Zein dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh selebgram Marissya Icha atas kasus pencemaran nama baik terkait jual-beli tas branded. Sebelum dilaporkan soal kasus ini, Medina pernah dikenal karena sejumlah kontroversi.

Medina Zein awalnya dikenal sebagai pengusaha bidang kesehatan. Medina pun pernah mengenyam pendidikan di Akademi Kebidanan Stikes Budi Luhur, Bandung.

Medina dikenal sebagai seorang pengusaha dengan banyak lini bisnis. Ia tercatat telah memiliki sejumlah bisnis, antara lain bisnis skincare, kue, kosmetik, klinik kecantikan, butik, travel umroh, dan vila. Sederet bisnis ini membuat Medina menjadi miliuner di usia muda.

Medina juga dikenal sebagai sosok influencer berhijab dengan ribuan pengikut. Setelah bercerai dari suami pertamanya, Medina dekat dengan Lukman Azhari, seorang pengacara yang juga adik dari Ayu Azhari.

Semenjak menjadi influencer, Medina kerap menuai kontroversi. Berikut ini daftar kontroversi Medina:

1. Berseteru dengan Irwansyah

Medina menyita perhatian publik terkait bisnisnya. Medina melaporkan artis Irwansyah atas kasus dugaan penggelapan dana sebesar Rp 1,9 miliar. Masalah penggelapan dana ini menyangkut bisnis makanan Bandung Makuta yang didirikan keduanya pada 2017.

Medina mengaku pada tahun kedua usahanya sudah tak mendapatkan profit. Tahun ketiga ia telah menaruh curiga lantaran Medina mengetahui adanya sejumlah utang perusahaan. Hal ini kemudian menjadi pertanyaan Medina kepada Irwansyah yang mengaku tak dapat keuntungan apa-apa.

Kecurigaan ini mendorong Medina untuk melakukan audit keuangan bisnisnya. Ia menemukan sejumlah uang yang dialokasikan ke rekening perusahaan lain tanpa seizinnya. Irwansyah sudah membantah semua tuduhan.

Akibat kasus ini, Medina dituduh Fanny Bauty, yang merupakan ibu dari Zaskia Sungkar dan mertua Irwansyah, sebagai orang yang cari pamor.

2. Terjerat Narkoba

Pada Desember 2019, Medina Zein diamankan di Polda Metro Jaya terkait kasus narkoba Ibra Azhari. Berdasarkan hasil pemeriksaan, Medina Zein dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba melalui tes urine.

Medina Zein ditangkap pada Minggu (29/12/2019) terkait kasus Ibra Azhari. Saat ditangkap dan dinyatakan urinenya positif amfetamin, Medina Zein tengah ditinggal sang suami, Lukman Azhari, pergi menjalankan ibadah umroh.

Setelah terbukti mengkonsumsi narkoba melalui tes urine, polisi kemudian memeriksa Medina kembali dengan tes rambut. Hasilnya, Medina tidak terbukti menggunakan narkotika, akhirnya Medina menjalani rehab.