Bocah Diculik-Ditukar 3 Karung Beras di Makassar Diiming-iming Rp 20.000

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 15:38 WIB
Makassar -

Polisi menangkap pria di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sukarno alias Nanno (27) karena menculik seorang bocah 9 tahun lalu menukarnya dengan 3 karung beras. Sebelum beraksi, Nanno mengiming-imingi korban dengan Rp 20.000.

"Merayu anak supaya ikut dengannya dengan iming-iming uang sebesar Rp 20.000," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Makassar Kompol Jamal Fathur Rakhman dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (13/9/2021).

Korban yang tertipu bujuk rayu pelaku lantas mau mengikuti pelaku menggunakan sepeda motor. Dari rumah korban di Jalan Maccini Gusung, Makassar, pelaku lalu membawa korban ke sebuah toko di Jalan Pelita Raya.

"Kemudian (korban) dijadikan jaminan untuk ditukar dengan beras," katanya.

Kronologi Penangkapan Pelaku Penculikan Bocah Ditukar 3 Karung Beras

Setelah mendapat laporan, polisi kemudian melakukan penyelidikan ke lokasi tempat korban ditukar dengan 3 karung beras. Polisi mendapat ciri-ciri pelaku dari pantauan kendaraan yang digunakan.

"Sukarno alias Nanno, selanjutnya dibawa ke Posko Jatanras Polrestabes Makassar untuk informasi lebih lanjut," tuturnya.

"Setelah diamankan, kemudian dilakukan interogasi dimana Sukarno alias Nanno mengakui dan membenarkan telah melakukan penculikan anak di Jalan Maccini Gusung dan membawanya ke Jalan Peluta Raya Toko Cahaya Bulang dan kemudian menukarkan anak tersebut dengan 3 karung beras," imbuhnya.

(nvl/idh)