Menkes Beberkan Situasi COVID RI di Raker Komisi IX: Turun

Eva Safitri - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 14:05 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Foto: Menkes Budi Gunadi (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Budi lalu memaparkan kondisi penularan COVID-19 di tiap provinsi. Mayoritas kata Budi, angka kasus konfirmasi positif berada pada level 1.

"Kalau kita lihat by provinsi, hampir semua provinsi untuk kasus konformasi sudah masuk kategori normal atau level 1. Beberapa provinsi yang masih relatif tinggi di level 3 adalah Bangka Belitung, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara," ucapnya.

Begitu juga dengan angka rawat inap pasien Covid dan kasus kematian. Budi menyebut sudah banyak provinsi yang mengalami penurunan.

"Kalau kita lihat tren rawat inap juga sudah banyak yang turun ke level 1. Ada beberapa provinsi yang masih relatif tinggi yaitu di Kepri, Aceh, Kalimantan Utara, Bangka Belitung, Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Tengah, Jogjakarta, Kalimantan Selatan, Bali, Sulawesi Utara, DKI Jakarta dan Kalimantan Timur," ujarnya.

"Untuk tingkat kematian semuanya juga sudah, sebagian besar juga sudah masuk ke level normal. Yang masih agak tinggi adalah Aceh, Riau, Bangka Belitung, Sulawesi Tengah, Bali, Jogjakarta, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur," lanjut Budi.


(maa/gbr)