Menkes Beberkan Situasi COVID RI di Raker Komisi IX: Turun

Eva Safitri - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 14:05 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Foto: Menkes Budi Gunadi (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membeberkan update perkembangan kasus COVID-19. Dia mengatakan penularan COVID-19 saat ini sudah mengalami tren penurunan.

"Update sedikit mengenai perkembangan situasi. Alhamdulillah, sekarang sudah menurun cukup jauh kasus konfirmasinya sudah menyentuh angka 5 ribu, insyaallah nanti bisa turun di bawah 5 ribu per hari. Rata-rata 7 harinya juga sudah menyentuh angka 5 ribuan," kata Budi, saat rapat kerja bersama Komisi IX, Senin (13/9/2021).

"Yang dirawat inap di RS secara harian sudah di bawah 20 ribu. Rata-rata 7 harinya masih 20 ribuan. Sebagai informasi, ini sudah lebih rendah dari angka yang dirawat di RS sebelum lebaran kemaren," lanjutnya.

Tren yang sama juga terjadi di kasus kematian akibat Corona. Budi mengatakan tren kematian menurun drastis.

"Angka kematian juga sudah menurun cukup drastis. Sekarang, terakhir angka kematian hariannya ada di angka 270 rata-ratanya juga 460-an. Ini sudah jauh dibandingkan dengan angka yang hampir mencapai angka 2 ribu di masa-masa puncaknya," ucapnya.

Budi juga mengatakan Indonesia sudah mengalami penurunan level beberapa indikator di WHO baik terhadap kasus penularan, kematian ataupun positivity rate. Dia berharap indikator itu bisa turun level 1.

"Kalau kita lihat, dari 6 indikator WHO, untuk kasus konformasi itu sudah masuk ke level 1, jadi level yang paling baik di bawah 20 kasus konformasi per 100 ribu penduduk per minggu. Baik untuk rawat inap dan kematian secara nasional jg sudah turun masuk ke level 2 dan insyaallah ini bisa terus turun masuk ke level 1," ucapnyam

"Kemudian 3 indikator kapasitas respons dari satu negara terhadap pandemi ini, juga sudah menurun dengan cukup drastis. Positivity ratenya sudah turun ke batas normalnya WHO di bawah 5 persen, tracingnya jug sudah jauh lebih membaik sekarang sudah mendekati yang distandarkan oleh WHO yaitu di atas 15. Kemudian BOR RS sudah kembali ke titik normal yaitu 17,14 persen," lanjutnya.

Lihat video 'Menkes Pantau Perkembangan Varian Baru Covid, Salah Satunya Lambda':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.