Prabowo Puji Sarwo Edhie, PD: Gambarannya Identik dengan AHY

Matius Alfons - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 13:55 WIB
Kamhar Lakumani (Dokumentasi pribadi).
Foto: Kamhar Lakumani (Dokumentasi pribadi).

Menhan Prabowo Kenang Sosok Sarwo Edhie

Untuk diketahui, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ternyata memiliki kisah mengenai sosok Letnan Jenderal TNI Sarwo Edhie Wibowo. Kisah ini digambarkan Prabowo dalam buku Kepemimpinan Militer 'Catatan dari Pengalaman'.

"Saya kenal pertama dengan Jenderal Sarwo Edhie waktu sebagai Taruna. Waktu itu beliau belum menjabat jadi Gubernur AKABRI, sekarang AKMIL, namun nama beliau sudah sangat terkenal," tulis Prabowo dalam bukunya dikutip Minggu (12/9/2021).

Prabowo juga mengungkapkan Sarwo Edhie ternyata memiliki hubungan dekat dengan Soemitro Djojohadikoesoemo, orang tua Prabowo. Cerita kehebatan Sarwo Edhi pun didapatkan langsung dari sang ayah.

"Pak Sarwo Edhie juga orang yang dekat sama orang tua saya. Sebelum saya formal menjadi anak buahnya Pak Sarwo Edhie, saya pun sudah banyak dengar cerita-cerita tentang Pak Sarwo dari orangtua saya. Bagaimana Pak Sarwo memimpin RPKAD pada saat-saat kritis Oktober 1965," imbuh Prabowo.

"Sosok beliau adalah sosok yang karismatik. Orangnya gagah, ganteng, selalu berpakaian rapi. Ia juga terkenal sebagai orang yang memimpin operasi dari depan. Sebagai komandan RPKAD, ia masih terjun sehingga ia juga menjadi idola mahasiswa, anak muda, dan idola kami perwira-perwira dan taruna-taruna muda," sambungnya.


(maa/gbr)