Sopir Rombongan Vaksinasi Ngaku Ada 5 Anggota Dishub DKI Saat Pemerasan

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 12:43 WIB

Petugas Dishub DKI Dibebastugaskan

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta sudah memberi sanksi terhadap anggotanya yang mengalahi SOP. Keduanya terbukti melakukan pemerasan dan dibebastugaskan dari pekerjaannya.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan (Wakadishub) DKI Jakarta Chaidir menuturkan keduanya berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) golongan II di Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat.

"Jadi kesimpulannya dari oknum tersebut keduanya menurut PP 53 Tahun 2010 tentang hukuman disiplin PNS maka yang bersangkutan diberikan sanksi hukuman disiplin sedang," kata Chaidir saat dihubungi, Rabu (8/9/).

Dalam melancarkan aksinya, Chaidir mengatakan SG meminta uang ke sopir bus secara paksa. Sedangkan S menerima uang hasil pemerasan dari SG.

"Modusnya yang satu melakukan tindakan pemerasan, yang berinisial SG. yang berinisial S tidak terlibat secara langsung, namun dalam melaksanakan tugas pengaturan lalu lintas di tempat tersebut menerima titipan dari Saudara SG," jelasnya.

Selain dibebastugaskan, keduanya diberi sanksi penundaan kenaikan pangkat selama 1 tahun serta pemotongan TKD sebesar 30 persen selama kurang-lebih 9 bulan.


(dwia/idn)