Cerita PAN Sempat Usulkan Soetrisno Bachir Jadi Menteri Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 11:30 WIB
Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrsino Bachir menangis saat menyinggung Amien Rais, dalam perayaan HUT ke-22 PAN, di Jakaarta, Minggu (23/8/2020).
Soetrsino Bachir (screeshot video)
Jakarta -

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, mengungkap cerita sempat mengusulkan Soetrisno Bachir menjadi menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Zulhas menyatakan Soetrisno Bachir (Mas Tris) bisa diperankan jika dia boleh menitipkan apa pun. Namun, Zulhas menyebut PAN tidak dalam posisi meminta jatah kepada Presiden Jokowi.

Cerita soal Soetrisno Bachir ini dibenarkan Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi. Viva menyebut apa yang diceritakan Zulhas pasti valid.

"Kalau sumbernya dari ketua umum PAN, Bang Zul, hal itu pasti benar. Iya betul," kata Viva kepada wartawan, Senin (13/9/2021).

Viva mengungkapkan hasil Rakernas PAN yang menyatakan partai berlambang matahari putih itu merapat ke koalisi Jokowi. Seluruh keputusan politik strategis ke depannya, kata Viva, merupakan keputusan penuh Zulkifli Hasan.

"Karena salah satu hasil rakernas menyatakan bahwa setuju PAN berada di barisan partai koalisi pemerintah. Dan semua keputusan tentang dinamika politik, termasuk proses penentuan pasangan calon presiden/wapres diberikan kewenangan kepada ketum PAN," katanya.

Sosok Soetrisno Bachir

Soetrisno Bachir adalah barisan pendukung Zulkifli Hasan dalam Kongres PAN di Kendari yang beragendakan pemilihan ketua umum baru. Soetrisno Bachir bersama Hatta Rajasa mendukung Zulkifli Hasan, yang berhadapan dengan jagoan Amien Rais, Mulfachri Harahap, dan Hanafi Rais.

Kini, Soetrisno Bachir menjabat Ketua Dewan Kehormatan PAN. Di hari jadi PAN ke-23 tahun, Soetrisno Bachir meminta semua kader tetap kompak dan istikamah pada perjuangan partai. Soetrisno menyinggung pendiri PAN Amien Rais yang telah keluar dari partai. Dia meminta semua kader menghormati keputusan Amien Rais dan mengambil hikmah di balik hal itu.

"Refleksi 23 tahun saya ingin katakan kita ada era baru ke depan, minimal era Bang Zul ini yaitu dengan bersama mantan ketum untuk membesarkan PAN. Karena kita harus realistis melihat partai kita sampai sekarang ini. Pendiri tokoh kita Pak Amien Rais sudah di luar partai kita. Itu adalah fakta yang harus kita terima, tapi itu justru gimana kita belajar dari PAN Amien Rais maupun sekarang dengan tidak bersama Pak Amien Rais sebagai tokoh karismatis tokoh pendiri PAN," ujarnya.

Simak video 'Gaduh Wacana Amandemen Usai PAN Merapat ke Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)