Round-Up

Penutupan Menanti Bila Pedagang di Pasar Senen Jual Daging Anjing Lagi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 05:00 WIB
Jakarta -

Keberadaan penjual daging anjing di Pasar Senen, Jakarta Pusat sempat bikin geger di media sosial. Pemprov DKI dan PD Pasar Jaya bergerak menelusuri hingga akhirnya penjual daging anjing itu ketemu dan disanksi.

Informasi soal adanya pedagang Pasar Senen yang menjual daging anjing ini diungkap oleh Animal Defenders Indonesia (ADI). Dalam video tersebut, ADI menyertakan penjelasan tentang hasil penelusurannya mengenai perdagangan daging anjing di Pasar Jaya Senen.

"Satu lapak yang kami investigasi mengaku bahwa mereka minimal menjual 4 ekor anjing dalam sehari. Mereka sudah beroperasi lebih dari 6 tahun," demikian keterangan yang disampaikan ADI melalui akun instagramnya, @animaldefendersindo, Jumat (10/9/2021).

Penelusuran Pemprov DKI soal Daging Anjing

Pemprov DKI pun mulai bergerak. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati telah menerima laporan terkait peristiwa tersebut. Pihaknya pun langsung turun ke lapangan melakukan penelusuran sekaligus berkoordinasi dengan PD Pasar Jaya selaku penanggung jawab Pasar Jaya Senen.

"Kawan-kawan saya langsung ke lapangan ke tempat yang dituju. Kami melakukan koordinasi dengan Pasar Jaya," kata Suharini saat dimintai konfirmasi, Jumat (10/9/2021).

Pasar Senen Blok IIIPasar Senen Blok III Foto: detikcom

Awalnya, DKPKP DKI tak berhasil bertemu pedagang daging anjing. Namun, penelusuran terus dilakukan. Wagub DKI Ahmad Riza Patria memastikan pedagang itu akan ditindak.

"Saya belum mendapat informasi dari Pasar Jaya laporannya. Namun jika benar, ini akan ditindak tegas dan diberi sanksi sesuai ketentuan," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (10/9/2021).

Riza menyatakan praktik perdagangan daging anjing melanggar aturan perlindungan konsumen. Untuk itu, Pemprov DKI bersama aparat akan menelusuri kasus ini.

"Biar Pasar Jaya yang mengatur, dan nanti ada aparat yang akan menyelidiki kasusnya, karena ini melanggar undang-undang perlindungan pangan dan konsumen," ujarnya.

PD Pasar Jaya akhirnya mengakui ada penjual daging anjing di Pasar Senen setelah menemukan pedagang itu. Apa langkah selanjutnya? Simak di halaman berikutnya.