Gerindra Tepis Viral Kadernya Diduga Terlibat Perkosa 4 Siswi SMA Jayapura

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 20:40 WIB
Jubir Partai Gerindra, Habiburokhman
Waketum Partai Gerindra (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman membantah kabar viral yang menyebut politikus Partai Gerindra diduga melakukan pemerkosaan terhadap empat siswi SMA Jayapura. Dia pun mendesak agar pihak kepolisian menangkap para pelaku pemerkosaan ini.

"Tidak ada (pelaku) kader Gerindra, dan saya minta agar pelaku ditangkap," kata Habiburokhman saat dihubungi, Sabtu (11/9/2021).

Anggota Komisi III DPR RI ini meminta pihak kepolisian menindak tegas para pelaku pemerkosaan tanpa pandang bulu. Dia menilai pemerkosaan adalah tindakan biadab.

"Siapa pun pelakunya, harus segera ditangkap karena ini benar-benar biadab. Kalau perlu, pelakunya ditembak jika melakukan perlawanan atau mencoba melarikan diri. Saya minta aparat harus berani tegas dan tidak pandang bulu dalam menegakkan hukum," ucapnya.

Habiburokhman mengaku heran lantaran kasus ini diarahkan untuk berdamai. Dia mengingatkan bahwa restorative justice tidak bisa diterapkan dalam kasus pemerkosaan.

"Ya nggak bisa, pemerkosaan itu perbuatan biadab yang harus dihukum sangat berat. Nggak ada istilah restorative justice," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.