PDIP Bicara Persaingan Politik Anies-Riza soal Holywings, Gerindra Menepis

Dwi Andayani - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 09:53 WIB
Wakil Ketua DPRD M Taufik (Dwi Andayani-detikcom)
Wakil Ketua DPRD M Taufik (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta -

PDIP DKI menilai terdapat persaingan politik antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, yang beda suara terkait sanksi pembekuan Holywings Kemang. Gerindra DKI membantah adanya urusan politik.

"Dari mana ada urusan politik, nggak adalah," ujar Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra Mohamad Taufik kepada wartawan Sabtu (11/9/2021).

Taufik menilai tak ada perbedaan suara terkait Anies dan Riza. Menurutnya, masa PPKM sama dengan selama masa pandemi.

"Ya sama PPKM-pandemi. PPKM itu kan karena pandemi, nggak ada perbedaan itu," kata Taufik.

Taufik kembali menegaskan tidak ada kepentingan politik antara Anies dan Riza. Dia menilai keputusan pemberian sanksi karena adanya pelanggaran yang dilakukan Holywings.

"Nggak ada urusan politik. Ini kan karena melanggar. Penutupan kan karena dia melanggar kalau tidak melanggar kan tidak ditutup," kata Taufik.

PDIP Singgung Persaingan

PDIP menyebut perbedaan pernyataan Anies dan Riza karena komunikasi keduanya tak berjalan. Dia menilai seharusnya Anies dan Riza melakukan rapat evaluasi.

"Kalau saya melihat di sini adanya perbedaan pernyataan Gubernur dan Wagub itu komunikasi mereka yang tak jalan. Komunikasi itu kan bisa terbangun melalui rapat mereka. Ini kan tidak bagus juga akibatnya kepada masyarakat. Harusnya menurut saya, itu harus diperbaiki. Paling tidak, Gubernur dan Wagub harus ada rapat evaluasi," kata anggota DPRD DKI F-PDIP, Johny Simanjuntak, kepada wartawan, Jumat (10/9/2021) malam.

Johny juga menyebut adanya kemungkinan Anies tidak paham detail terkait duduk perkara Holywings, sehingga Anies tidak mengerti aturan di DKI.

"Kemudian ada kemungkinan Pak Anies tidak paham detail tentang kebijakan-kebijakan Pemprov di DKI Jakarta itu. Kan perlu juga staf dihadirkan. Pak Anies itu, menurut saya, tidak begitu paham duduk masalahnya, sehingga dia menyampaikan sudah melebihi dari persoalan yang memang dia tidak paham," ucapnya.

Lebih lanjut, Johny menyinggung adanya persaingan politik antara Anies dan Riza. Sebab, menurutnya, Riza lebih sering tampil memberikan keterangan dibanding Anies.

"Tapi saya juga khawatir mungkin di antara mereka ada persaingan, karena Pak Wagub ini saya amati dia terus tampil ke mana-mana, bahkan saya khawatir dia sudah keluar dari tupoksi. Yang saya amati seperti itu. Ini kan etika juga bahwa ada apa-apa kan harus lapor juga ke Gubernur," tutupnya.

Simak Video: Anies Siapkan Sistem Blacklist Bagi Pengunjung Tempat Pelanggar Prokes!

[Gambas:Video 20detik]