Rehab Rumdin Bupati Labuhanbatu Rp 5,3 M Mandek Sejak 2019, Jaksa Akan Usut

Ahmad Fauzi Manik - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 21:04 WIB
Rehabilitasi rumah dinas (rumdin) Bupati Labuhanbatu senilai Rp 5,3 miliar yang dikerjakan sejak 2019 mandek. Jaksa akan mengusut. (Ahmad FIM/detikcom)
Rehabilitasi rumah dinas (rumdin) Bupati Labuhanbatu senilai Rp 5,3 miliar yang dikerjakan sejak 2019 mandek. Jaksa akan mengusut. (Ahmad FIM/detikcom)
Labuhanbatu -

Rehabilitasi rumah dinas (rumdin) Bupati Labuhanbatu yang dikerjakan sejak 2019 mandek. Anggaran rehab rumdin itu sebesar Rp 5,3 miliar.

Dilihat di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Labuhanbatu, kontrak proyek bernilai Rp 5,3 miliar ini dibuat pada 14 Oktober 2019 dengan pemenang CV Sumber Rezeki. Dari informasi yang dihimpun, pengerjaan terakhir dilakukan pada awal 2020.

Sejak saat itu, atau lebih dari setahun, rumdin Bupati tidak terurus. Bahkan saat ini beberapa bagian yang baru direhabilitasi kembali rusak, misalnya bagian plafon.

"Kalau belum bisa ditempati, macam mana? Belum siap," kata Inspektur Kabupaten Labuhanbatu, Ahlan Ritonga, di kantornya, Jumat (10/9/2021).

Saat ditanya soal dugaan kerugian negara akibat mangkraknya pembangunan rumdin bupati, pihak Inspektorat Labuhanbatu meminta Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Labuhanbatu menjelaskan.

Rehabilitasi rumah dinas (rumdin) Bupati Labuhanbatu senilai Rp 5,3 miliar yang dikerjakan sejak 2019 mandek. Jaksa akan mengusut. (Ahmad FIM/detikcom)Foto: Ahmad FIM/detikcom

"Itu kan yang mengerjakan PUPR, tanyakan saja ke PUPR proyeknya. Kalau masalah belum ditempati, belum siap. Belum selesai bangunannya," kata Ahlan.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Indra Sila, mengatakan Pemkab Labuhanbatu telah membayarkan biaya pengerjaan rehabilitasi rumah dinas Bupati tersebut.

"Sudah kita bayarkan semuanya," kata Indra kepada wartawan di depan gedung DPRD Labuhanbatu, Kamis (9/9).

Indra mengatakan Pemkab telah melunasi nilai kontrak sebesar Rp 5,3 M kepada CV Sumber Rezeki. Termasuk juga melunasi biaya perawatan, sebesar 5 % dari nilai kontrak.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.