Bupati-Anggota DPRD Labuhanbatu Bakal Dapat Baju Dinas Baru, Dananya Rp 2,2 M

Ahmad Fauzi Manik - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 16:01 WIB
Kantor Bupati Labuhanbatu (Foto: Antara)
Kantor Bupati Labuhanbatu (Antara)
Labuhanbatu -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut), menganggarkan Rp 2,2 M untuk pembelian pakaian dinas pada 2021. Pembelian pakaian dinas untuk 45 anggota DPRD Labuhanbatu menjadi anggaran terbesar dengan nilai Rp 613 Juta.

Dalam lampiran APBD Labuhanbatu yang dilihat dari situs resmi Pemkab Labuhanbatu, labuhanbatukab.go.id, Senin (30/8/2021), terdapat 30 pengadaan pakaian dinas baru. Ada 28 pengadaan untuk organisasi perangkat daerah serta pengadaan untuk kepala daerah dan anggota legislatif.

Anggaran baju dinas untuk kepala daerah berjumlah Rp 109 juta. Nantinya, Bupati-Wabup Labuhanbatu akan mendapat delapan jenis pakaian, yakni pakaian sipil harian, sipil lengkap, dinas lapangan, olahraga, Korpri, batik, jas, dan pakaian adat daerah.

Kemudian, ada Rp 613 juta yang dianggarkan untuk baju dinas 45 anggota DPRD Labuhanbatu. Selain pakaian dinas, para wakil rakyat menerima fasilitas kesehatan dengan anggaran sebesar Rp 200 juta.

Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Abdul Karim Hasibuan membenarkan soal rencana pengadaan itu. Menurutnya, usulan pengadaan pakaian dinas itu dibuat oleh Sekretariat DPRD Labuhanbatu.

"Di dalam tatib (tata tertib) kan ada pengadaan pakaian kan, kawan-kawan mungkin melihat masih dibutuhkan pakaian makanya diadakan pengadaan itu," kata Karim.

Karim mengatakan biasanya ada empat jenis pakaian dinas yang diberikan kepada anggota DPRD, yaitu pakaian dinas harian, pakaian dinas lapangan, pakaian batik, dan pakaian olahraga.

Sebelumnya, Pemkab Labuhanbatu melalui pos anggaran Sekretariat Daerah menganggarkan pembelian mobil baru senilai Rp 7,6 miliar. Anggaran Rp 7,6 M tersebut diambil dari APBD Labuhanbatu 2021. Adapun pos Sekretariat Daerah mendapat anggaran sebesar Rp 55,6 M.

Dari Rp 7,6 M tersebut, dana sebesar Rp 6,2 M digunakan untuk membeli mobil dinas yang selanjutnya akan menjadi aset Pemkab Labuhanbatu. Seperti mobil dinas Bupati dan Wakil Bupati, yang pengadaannya saat ini sedang berlangsung.

Sisanya Rp 1,4 M lagi dipakai untuk membeli mobil yang akan dihibahkan ke pihak lain. Misalnya, mobil patroli untuk Polres Labuhanbatu dan mobil van untuk Batalion Infanteri 126/Kala Cakti, yang pengadaannya juga sedang dilakukan Pemkab Labuhanbatu.

Dikutip dari LPSE kabupaten Labuhanbatu, pengadaan mobil dinas Bupati menelan anggaran sebesar Rp 2 M. Pengadaannya menggunakan metode tender cepat.

(haf/haf)