Seluruh Warga yang Tempati Rusun Kampung Akuarium Belum Kena Biaya Sewa

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 20:59 WIB
Suasana di Kampung Susun Akuarium (Nahda-detikcom)
Suasana di Kampung Susun Akuarium (Nahda/detikcom)
Jakarta -

Warga korban gusuran mulai menempati Kampung Susun Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara. Ketua Koperasi Akuarium Bangkit Mandiri, Dharma Diani, menjelaskan total sudah ada 103 unit hunian yang telah terisi.

"Iya (sudah terisi), hari ini teman-teman dari Rusun Pesakih waktu kita relokasi sementara juga sudah balik semua. Sudah 103 (unit)," kata Diani saat dihubungi, Jumat (10/9/2021).

Diani menyebut warga mulai menempati unit hunian sejak 1 September lalu. Untuk saat ini, warga belum dikenai biaya sewa selama menghuni kampung susun, sedangkan untuk listrik dan air akan dibebankan sesuai dengan pemakaian.

"Itu yang dalam kajian, ini masih pandemi jadi belum ada bahas sewa," sebut Diani.

Diani juga memastikan pembangunan tahap 2 Kampung Susun Akuarium tak akan terganggu meskipun warga mulai bermukim di kawasan tersebut. Di tahap 2 kali ini akan dibangun Blok C Kampung Susun Akuarium serta rumah ibadah.

Sedangkan di area bekas shelter akan didirikan taman bersama.

"Kalau di depan blok B akan ada pembangunan tahap 2, blok C dan rumah ibadah, terus di daerah shelter-shelter itu akan ada taman atau kebun bersama," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, pada 17 Agustus lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan tahap pertama Kampung Susun Akuarium di Pasar Ikan, Jakarta Utara. Untuk saat ini, ada 107 unit hunian yang siap dihuni warga yang berlokasi di dua blok.

Kampung Susun Akuarium berdiri di lahan seluas 10.575 meter persegi. Total akan ada lima unit rumah susun yang dibangun hingga 2022.

"Di Hari Kemerdekaan ini, kita tidak hanya memperingatinya dengan upacara seremonial, tetapi kita hormati perjuangan para pendiri dengan buktikan bahwa cita-cita mereka bisa terlaksana di Kampung Akuarium. Ini semua dikerjakan dengan cara benar, proses baik harapannya dari sisi government aman dan teman-teman bisa kembali tinggal di tempat ini dengan kepastian tinggal amat panjang," kata Anies, Selasa (17/8).

(zap/zap)