Samurai-Buku Jihad Ditemukan di Rumah Tersangka Teroris di Grogol Jakbar

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 16:14 WIB
Ilustrasi teroris (insert) (Luthfy Syahban/detikcom)
Ilustrasi teroris (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta -

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap tersangka teroris berinisial SH di kediamannya di Grogol Petamburan, Jakarta Barat (Jakbar). Ketua RW setempat Dwi Purwono menyebut, pada saat penggerebekan, ditemukan juga sebilah samurai di kediaman SH.

"Ditemukan juga ya apa namanya samurai juga di sana," ujar Dwi kepada wartawan saat ditemui di lokasi, Jumat (10/9/2021).

Namun Dwi menyebut samurai tersebut tidak dibawa petugas. Petugas hanya membawa sejumlah buku dan dokumen.

"Samurai tidak dibawa, ditemukan cuma dari tim Inafis tidak dibawa. Yang dibawa buku, dokumen, paspor, terus surat dokumen ke luar negeri. Nah, kita nggak tahu (dokumen apa). Satu dokumen nih pokoknya kelihatannya," jelas Dwi.

Selain itu, dalam penggeledahan tersebut, menurut Dwi, para petugas juga membawa buku-buku dari kediaman SH. Buku-buku tersebut diduga berkaitan dengan jihad dan terorisme.

"Jadi, setelah dilakukan penangkapan itu, langsung dilakukan penggeledahan. Kita saksikan barang apa saja yang dibawa. Itu buku-buku, dokumen-dokumen pengajian, dokumen-dokumen berkaitan masalah terorisme, jadi banyaklah bukunya," jelas Dwi.

"(Ada) sekitar 25 buku. (Berkaitan dengan) ya macem-macem, masalah agama, masalah perang jihad, masalah teroris. Segala macem, pokoknya semua yang ada di sana buku diangkut," sambungnya.

Diketahui, Densus 88 menangkap tiga terduga teroris di dua wilayah yang berbeda. Mereka berasal dari jaringan JI.

Salah satu tersangka berinisial SH merupakan dewan syuro atau penasihat Jamaah Islamiyah. SH ditangkap di Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

"Statusnya tersangka. Dia dewan syuro, itu yang penasihat gitu loh. Ya penasihat JI (atau) dewan syuro," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dihubungi, Jumat (10/9).

Ramadhan mengatakan SH merupakan anggota kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI). Dia ditangkap di rumahnya di Grogol Petamburan, Jakbar, tadi pagi sekitar pukul 08.15 WIB.

(lir/lir)