Polri Ungkap Terduga Teroris Babel Pasok Senjata Api ke Kelompok MIT Poso

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 19:45 WIB
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan
Jakarta -

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap terduga teroris berinisial DS, SY, dan AS di Jakarta dan Bangka Belitung (Babel) beberapa waktu lalu. Polri mengungkapkan mereka memasok senjata api untuk kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng).

"AS menjelaskan bahwa senjata dan amunisi yang dikirimkan ke tersangka S dan D di Jakarta rencananya akan dikirimkan ke DPO teroris Poso di Sulteng," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (12/7/2021).

Kepada penyidik, AS mengaku mengirim paket berisi senjata itu dari Babel ke Jakarta terlebih dahulu sebelum dikirim ke Poso. Dalam hal ini, DS-lah yang menerima paket berisi senjata di Jakarta.

"AS menjelaskan kepada tersangka yang ditangkap, terkait pengiriman senjata, amunisi dan peralatan ke Poso Sulteng agar barang yang dikirim dari Babel tiba dulu di Jakarta. Selanjutnya dari Jakarta dicek dulu untuk dikirim lagi sesuai tujuan yang mana proses tersebut untuk memutus rantai sumber paket sebelumnya agar lebih rapi," tuturnya.

Lebih lanjut, Ramadhan menyebut AS dan SY terhubung secara perbankan. Keduanya kerap berkomunikasi melalui media sosial.

SY, tambah Ramadhan, merupakan sosok yang memesan paket berisi senjata dari AS. Nantinya, senjata itu dikirim ke rumah DS.

"Dalam rangka pengiriman senjata api ke Jakarta, S menggunakan alamat dan identitas Saudara DS. AS telah mengirimkan senjata beserta amunisi sesuai dengan barang bukti yang disita oleh Densus 88 untuk digunakan dalam rangkaian aksi teror," imbuh Ramadhan.

Sebelumnya, Densus 88 menangkap tiga terduga teroris, DS, SY, dan AS. Penangkapan dilakukan di Duren Sawit, Jakarta Timur (Jaktim); Kembangan, Jakarta Barat (Jakbar); dan Bangka Belitung (Babel).

"Hari ini, Rabu, 30 Juni 2021, Densus 88 Antiteror Polri Satgas Wilayah DKI bekerja sama dengan Satgas Wilayah Babel telah melakukan penangkapan terhadap tiga orang diduga teroris namanya adalah DS, SY, dan AS," ujar Ramadhan saat dihubungi, Rabu (30/6).

Khusus AS, dirinya sempat melarikan diri dari ruang pemeriksaan di Mapolda Babel. Namun, tidak butuh waktu lama bagi polisi untuk menangkap AS kembali.

Simak juga video 'Polisi Sita Katana dari Rumah Terduga Teroris di Babel':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)