detikcom Raih Marketeers OMNI Brands of The Year 2021

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 18:17 WIB
Marketeers OMNI Brands of The Year 2021
Marketeers OMNI Brands of The Year 2021 (Foto: dok ist)
Jakarta -

detikcom menerima penghargaan Marketeers Omni Brands of The Year 2021 dari MarkPlus, Inc. Penghargaan bergengsi ini diberikan kepada perusahaan yang sukses menjalankan strategi omni-channel.

Gelaran penghargaan ini dilaksanakan pada Kamis, 9 September 2021, secara virtual melalui kanal Zoom. Acara dibuka oleh CEO MarkPlus, Inc Iwan Setiawan.

CEO detiknetwork Abdul Aziz menerima langsung penghargaan ini secara offline di Marketeers Studio, EightyEIght@Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (9/9/2021). Penghargaan diberikan oleh Founder and Chairman MarkPlus, Inc Hermawan Kartajaya dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

detikcom menerima penghargaan Marketeers Omni Brands of The Year 2021 karena dinilai sukses menjalankan strategi omni-channel sebagai platform 360 derajat marketing untuk brand.

Marketeers OMNI Brands of The Year 2021Marketeers OMNI Brands of The Year 2021 (Foto: dok ist)

Dalam rilisnya, Markplus, Inc memaparkan adanya pandemi COVID-19 menimbulkan dilema bagi berbagai sektor industri. Adaptasi ke ranah online menjadi animo yang terus berusaha diterapkan oleh perusahaan agar dapat menyusul ketertinggalan di era teknologi, baik disebabkan perubahan customer behaviour ke ranah online, ditambah efektivitas yang ditawarkan dalam menjalankan aktivitas bisnis.

Meski digitally native mampu membantu perusahaan dalam mengoptimalkan promosi, branding, kampanye pemasaran, penjualan, dan sebagainya, di sisi lain terdapat kepentingan bagi perusahaan untuk membangun intimacy dengan konsumennya yang hanya dapat dilaksanakan di ranah offline. Tak heran, banyak perusahaan yang berhasil meningkatkan penjualannya karena mampu menyeimbangkan kebutuhan aktivitas pemasaran di ranah online dan juga offline.

Dengan strategi omni marketing, perusahaan akan lebih lincah menghadapi dinamika pasar yang fluktuatif dan sarat perubahan. Berbagai perusahaan mengembangkan omni-channel di antaranya dengan menghadirkan beragam platform digital seperti media sosial, aplikasi, transaksi pembayaran digital, QRIS, dan layanan virtual lainnya yang kemudian dibarengi dengan pengembangan program-program dan event di ranah offline.

Marketeers OMNI Brands of The Year 2021Marketeers OMNI Brands of The Year 2021 (Foto: dok ist)

Melihat upaya perusahaan dalam mengembangkan dan menyeimbangkan omni marketing-nya itulah MarkPlus, Inc mengapresiasi melalui penganugerahan Marketeers Omni Brands of The Year 2021.

"Ini adalah acara yang kami design untuk meng-advocate brand di Indonesia untuk pendekatan yang lebih omni, menggabungkan elemen offline dan online, kami ingin menginspirasi company di Indonesia untuk melakukan hal yang sama, terutama untuk hal pemasaran," kata CEO MarkPlus, Inc Iwan Setiawan.

Menurut Iwan, terdapat 3 jenis balance yang dibutuhkan oleh brand di Indonesia dalam hal keseimbangan, yang pertama adalah; balancing lives and livelihoods, balancing online & offline, dan yang terakhir adalah balancing value & premium.

Pada kesempatan pidatonya, Iwan menjelaskan adanya 2 segmen market group yang dominan di kala pandemi ini berlangsung, yaitu segmen The Frugal yang berhemat karena pendapatannya terganggu dampak pandemi sehingga fokus pengeluaran adalah basic needs. Sementara segmen The Affluent adalah segmen yang pendapatannya tidak terganggu akibat pandemi. Baginya, 2 segmen ini menggambarkan sisi lain dari omni, yang tidak hanya offline dan online, tapi juga menyeimbangkan segmen-segmen yang ada.

Ada 23 perusahaan lintas industri, termasuk detikcom, yang menerima penghargaan di Marketeers Omni Brands of The Year 2021. Penghargaan secara eksklusif diberikan oleh Hermawan Kartajaya.

Hermawan Kartajaya berharap penghargaan ini bisa menginspirasi perusahaan lainnya untuk terus berinovasi.

"Silakan teruskan perjuangan Anda, ini inspirasi untuk yang lain," ujar sosok yang akrab disapa HK ini.

(hri/van)