Jelang HUT TNI AL Ke-76, KSAL dan Jajaran Ziarah ke TMP Kalibata

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 17:21 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono bersama sang istri yang merupakan Ketua Umum Jalasenastri, Vero Yudo Margono ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan (Jaksel).
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bersama sang istri yang merupakan Ketua Umum Jalasenastri, Vero Yudo Margono ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan (Jaksel). (Dok. Dispen AL)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bersama sang istri yang merupakan Ketua Umum Jalasenastri, Vero Yudo Margono, berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan (Jaksel). Ziarah ini dalam rangka jelang HUT TNI AL ke-76.

Berdasarkan keterangan tertulis Dinas Penerangan AL (Dispenal), Kamis, (9/9/2021), kegiatan ziarah juga diikuti prajurit TNI AL yang berdinas di Jakarta. Prosesi ziarah dimulai dari penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, kemudian peletakan karangan bunga oleh Yudo di Tugu Monumen TMP Kalibata.

Setelah itu, prosesi dilanjutkan dengan tabur bunga di makam para petinggi TNI AL yaitu Laksamana (Purn) R Subyakto, Laksamana Laut RE Martadinata, Laksamana TNI R Moeljadi, Laksamana (Purn) H M Sudomo, Laksamana (Purn) R Soebono, Laksamana (Purn), HRS Subijakto, Laksamana (Purn) Rudolf Kasenda, Laksamana (Purn) H M Arifin, Laksamana (Purn) H M Romly, Laksamana (Purn) Waloejo Soegito, dan Letjend KKO Hartono.

Sebelum ziarah, KSAL dan jajaran juga melaksanakan bakti sosial dan bakti kesehatan seperti program serbuan vaksinasi maritim dan penyerahan tali kasih atau bingkisan kepada masyarakat yang membutuhkan. TNI AL juga berdoa bersama di tiap tempat ibadah Markas Komando (Mako) dan kompleks TNI Angkatan Laut wilayah masing-masing untuk mendoakan para pahlawan, leluhur, dan pendahulu TNI AL.

Wakil KSAL Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono dan para pejabat utama Mabesal, pimpinan Kotama TNI AL wilayah Jakarta, Kepala Dinas jajaran Mabesal, dan Pengurus Inti Pusat Jalasenastri juga mengikuti kegiatan ziarah. Acara ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 yang ketat.

Seperti diketahui, puncak peringatan HUT TNI AL ke-76 akan diperingati besok, 10 September 2021. Peringatan dilakukan dengan upacara sederhana di Mabes AL (Mabesal), Cilangkap.

Tema HUT TNI AL ke-76 mengusung tema 'Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'.

Lihat juga video 'Jokowi Minta TNI Perkuat Sinergi Dengan Polri':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/hri)