Ramai Isu Pakai HP di Lapas, Yasonna Pilih Konsentrasi ke Kasus Kebakaran

Nahda Rizki Utami - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 16:54 WIB
Menggunakan kemeja putih, Yasonna tiba di RSU Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (9/9/2021) pukul 13.30 WIB.
Menkumham Yasonna Laoly (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly mengatakan pihaknya sedang meneliti isu penggunaan handphone (HP) di dalam Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang. Namun dia memilih berkonsentrasi menuntaskan masalah terkait kebakaran hebat di lapas tersebut.

"Nanti masalah yang lain, HP dan lain lain ini sedang meneliti. Kita lihat saja dulu persoalan ini," kata Yasonna saat konferensi pers di RSUD Tangerang pada Kamis (9/9/2021). Hal itu disampaikan dia saat ditanya soal penggunaan HP di lapas.

"Karena kita berkonsentrasi pada korban, penyelesaian yang ada. 81 orang (narapidana yang selamat, red) harus kita tempatkan di mana," sambung Yasonna.

Sebelumnya, salah satu narapidana yang tewas dalam kebakaran, Petra (25), sempat mengunggah status di Instagram dengan tulisan 'ingin pulang'. Hal itu diceritakan oleh ibunda Petra.

"Dia terakhir pasang status di Instagram, 'akhir-akhir ini gak tahu kenapa selalu kepikiran pulang'. Bukan pulang ke rumah, tapi pulang ke asal," tutur Evi Nilasari (48), ibunda Petra, di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (8/9).

Evi juga menceritakan ia terakhir kali berkomunikasi dengan anaknya itu pada Sabtu (4/9) malam. Keduanya berkomunikasi via direct message Instagram.

Terakhir, pada Minggu (5/9), Petra hanya mengucapkan terima kasih kepada Evi setelah dikirimi uang.

"Malam Minggu (terakhir komunikasi). Hari Minggu dia cuma bilang terima kasih Mama udah kasih uang. Sudah dikirimin Rp 100 ribu," ujar Evi.

Pengakuan soal penggunaan HP di dalam lapas juga didapat dari Upi Hartati (44), yang kehilangan putranya akibat peristiwa tragis itu. Tangis Upi pecah saat mengetahui putranya, Riezkil Khairi (23), tewas dalam peristiwa kebakaran Lapas Tangerang. Riezkil menghuni Blok C2.