Yasonna Jenguk Korban Kebakaran Maut Lapas Tangerang di RS

Nahda Rizki Utami - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 14:37 WIB
MenkumHAM Yasonna Laoly jenguk korban kebakaran maut Lapas Tangerang di RSUD Kabupaten Tangerang (Foto: Nahda/detikcom)
Menkumham Yasonna Laoly jenguk korban kebakaran maut Lapas Tangerang di RSUD Kabupaten Tangerang. (Nahda/detikcom)
Tangerang -

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly menjenguk korban kebakaran Lapas Tangerang di RSUD Kabupaten Tangerang. Yasonna juga memberikan santunan kepada tiga keluarga korban kebakaran yang meninggal pagi hari ini.

Pantauan detikcom, Kamis (9/9/2021), Yasonna tiba di RSUD Kabupaten Tangerang, sekitar pukul 13.36 WIB. Begitu tiba, Yasonna langsung menuju ruang inap dan ruang ICU RSUD Kabupaten Tangerang untuk menjenguk korban kebakaran.

Sebelumnya, ada 10 napi korban kebakaran maut Lapas Tangerang yang dirawat di RSUD Kabupaten Tangerang. Namun, 3 di antaranya meninggal dunia hari ini. Sementara, 7 orang lainnya masih dirawat.

"Saya datang untuk melihat korban yang dirawat, tadi mungkin kalian sudah mengetahui ada tiga meninggal dunia dan saya melihat sekarang baik yang di ICU maupun yang tidak di ICU," kata Yasonna.

Yasonna mengaku sempat berbicara dengan korban yang kondisinya cukup baik. Dia mengatakan korban saat ini masih mengalami trauma.

"Ada yang kondisinya cukup baik saya berbicara tadi. Tentu masih trauma dengan kondisi yang terjadi. Dia mengatakan bagaimana api dari atas menjatuhi barangnya ke bawah, terbakar matras, memang kondisinya sangat mengkhawatirkan," ungkap dia.

Diberitakan sebelumnya, 3 napi Lapas Tangerang yang mengalami luka berat akibat kebakaran maut meninggal dunia pagi ini. Ketiganya meninggal dengan luka bakar di atas 60%.

"Iya betul ada yang meninggal tadi kurang-lebih satu jam yang lalu dengan luas luka bakar di atas 60 persen," jelas Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani.

Hilwani juga menjelaskan bahwa pasien pertama meninggal pukul 03.00 WIB, pasien kedua meninggal pukul 06.00 WIB dan pasien ketiga meninggal pukul 07.00 WIB.

"Jadi total yang meninggal ada 3 pasien dengan luka yang dua itu dari jam tiga ada satu (pasien), jam 6 ada satu (pasien) dan luka bakarnya di atas 80%. Yang pertama jam tiga, yang kedua jam enam dan yang ketiga jam tujuh," jelas Hilwani.

Lihat juga video 'Komnas HAM Soroti Lapas Tangerang Overload, Singgung Sistem Pemidanaan':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)