Bertambah Lagi, Korban Tewas Lapas Tangerang Jadi 44 Orang

Jabbar Ramdhani - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 10:21 WIB
Foto suasana Blok C2 pascakebakaran di Lapas Dewasa Klas 1 Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). Sebanyak 41 warga binaan tewas akibat kebakaran yang membakar Blok C 2 Lapas Dewasa Tangerang Klas 1 A pada pukul 01.45 WIB Rabu dini hari. ANTARA FOTO/Handout/Bal/aww.
Kondisi Lapas Tangerang pascakebakaran maut. (ANTARA FOTO)
Jakarta -

Korban tewas kebakaran maut Lapas Kelas I Tangerang kembali bertambah. Satu orang di antara 6 narapidana (napi) yang dirawat di rumah sakit meninggal dunia.

"Iya barusan kami mendapat info tambahan, jadi 3," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Rika Apriyanti kepada detikcom, Kamis (9/9/2021).

Identitas napi yang meninggal tersebut adalah Timothy Jaya. Timothy merupakan napi ketiga yang meninggal hari ini.

Sementara itu, Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani mengatakan tiga korban yang meninggal itu memiliki luka bakar 60 persen. Ada juga yang di atas 80 persen.

"Ada yang meninggal tadi kurang lebih satu jam yang lalu dengan luas luka bakar diatas 60 persen," jelas Hilwani.

Hilwani juga menjelaskan pasien pertama meninggal pukul 03.00 WIB, pasien kedua meninggal pukul 06.00 WIB dan pasien ketiga meninggal pukul 07.00 WIB.

"Jadi total yang meninggal ada 3 pasien dengan luka yang dua itu dari jam tiga ada satu (pasien), jam 6 ada satu (pasien) dan luka bakarnya di atas 80%. Yang pertama jam tiga, yang kedua jam enam dan yang ketiga jam tujuh," jelas Hilwani.

Pihak RSUD Kabupaten Tangerang mengambil langkah untuk membawa jenazah ke instalasi pemulasaraan jenazah dan mengembalikan jenazah ke pihak keluarga

"Langkah selanjutnya yang meninggal ini sudah akan dibawa ke instalasi pemulasaraan jenazah kemudian akan dikembalikan ke keluarga," ungkap Hilwani.

Sebelumnya, 2 napi yang dirawat di RS juga diinformasikan meninggal dunia hari ini. Dua napi yang meninggal tersebut ialah Hadiyanto dan Adam Maulana.

"Pada hari ini telah meninggal dunia narapidana korban kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang di Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang, dengan nama sebagai berikut: Hadiyanto Adam Maulana, Timothy Jaya Bin Siswanto," ungkap Rika.

Dengan penambahan itu, total ada 44 napi yang tewas dalam peristiwa nahas itu.

"Total 44," ujarnya.

Ketiga napi yang meninggal hari ini sebelumnya menderita luka bakar bersama dengan 5 orang lainnya. Mereka dirawat di RSUD Tangerang. Para korban disebut mengalami luka berat.

Berikut ini identitasnya:

1. Nasrudin
2. Hadiyanto
3. Iwan setiawan alias Wanted
4. Tino Yuliarto
5. Timothy Jaya
6. Mardani alias Dani
7. Hariyanto alias Bule
8. Adam Maulana

Dirut RSUD Kabupaten Tangerang drg Naniek Isnaini mengatakan kedelapan korban merupakan laki-laki. Usianya diperkirakan antara 27 dan 51 tahun.

Kebakaran Lapas Tangerang berawal dari blok khusus narkotika. Api menyebar dengan cepat di saat narapidana berada dalam sel yang terkunci. Sementara ini, kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

Simak video 'Diduga Ada Tindak Pidana, Polisi Periksa 20 Saksi di Kebakaran Lapas Tangerang':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/tor)