2 Napi Dirawat Meninggal, Korban Tewas Lapas Tangerang Jadi 43 Orang

Dhani Irawan - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 09:35 WIB
Foto suasana Blok C2 pascakebakaran di Lapas Dewasa Klas 1 Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). Sebanyak 41 warga binaan tewas akibat kebakaran yang membakar Blok C 2 Lapas Dewasa Tangerang Klas 1 A pada pukul 01.45 WIB Rabu dini hari. ANTARA FOTO/Handout/Bal/aww.
Kondisi Lapas Tangerang pascakebakaran (Foto: dok. ANTARA FOTO)
Jakarta - Korban tewas akibat kebakaran maut di Lapas Kelas I Tangerang bertambah. Dua orang dari delapan narapidana (napi) yang sebelumnya dirawat meninggal dunia.

"Betul (dua orang meninggal dunia)," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Rika Apriyanti kepada detikcom, Kamis (9/9/2021).

Dua orang napi itu sebelumnya menderita luka bakar bersama enam orang lainnya. Mereka dirawat di RSUD Tangerang.

Rika belum menyebutkan identitas dua orang yang meninggal dunia itu. Dengan demikian, total ada 43 orang napi yang tewas dalam peristiwa nahas itu.

Sebelumnya, Dirut RSUD Kabupaten Tangerang drg Naniek Isnaini mengatakan ada delapan narapidana korban kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang yang dirawat pihaknya. Para korban mengalami luka berat dan dalam kondisi sadar.

Hal itu juga disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Rika Apriyanti, Rabu (8/9/2021). Rika turut mengirimkan daftar nama korban kebakaran Lapas Tangerang yang dirawat.

"Sedang dirawat di RS Umum Daerah Tangerang," kata Rika.

Berikut identitasnya:

1. Nasrudin
2. Hadiyanto
3. Iwan setiawan alias Wanted
4. Tino Yuliarto
5. Timothy Jaya
6. Mardani alias Danir
7. Hariyanto alias Bule
8. Adam Maulana

Naniek mengatakan kedelapan korban itu merupakan laki-laki. Usianya diperkirakan antara 27 dan 51 tahun.

"Saat ini sedang dalam pemeriksaan intensif dari dokter bedah kami. Kami bedah plastik ada dua, kemudian dokter bedah umum ada dua," katanya.

Kebakaran Lapas Tangerang berawal dari blok khusus narkotika. Api menyebar dengan cepat di saat narapidana berada dalam sel yang terkunci. Sementara ini, kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

Simak video 'Fakta-fakta Kebakaran Lapas Tangerang yang Tewaskan 41 Orang':

[Gambas:Video 20detik]



(dhn/mae)