Surabaya PPKM Level Berapa? Ini Status Terbarunya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 23:07 WIB
Surabaya PPKM Level Berapa? Ini Status Terbarunya
Surabaya PPKM Level Berapa? Ini Status Terbarunya (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Surabaya PPKM level berapa kini perlu diketahui setelah pemerintah resmi memperpanjang PPKM. Aturan-aturan berkegiatan saat ini disesuaikan dengan status level PPKM tiap daerah.

Dalam konferensi pers terakhir, pemerintah memperpanjang PPKM Jawa-Bali untuk 7 September-13 September 2021. Sementara di luar wilayah Jawa-Bali, perpanjangan PPKM berlaku pada 7-20 September 2021.

Untuk menjawab Surabaya PPKM level berapa, simak penjelasan di bawah ini.

Surabaya PPKM Level Berapa: Ini Jawabannya

Pertanyaan Surabaya PPKM level berapa dapat dijawab lewat Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagari) 39/2021. Dalam aturan tersebut, Surabaya masih menerapkan PPKM level 3. Artinya, tidak ada perbedaan dengan PPKM sebelumnya.

Aturan Baru PPKM Level 3: Pemerintah Uji Coba Tempat Wisata

Surabaya PPKM berapa kini sudah diketahui jawabannya, yakni masih PPKM level 3. Usai mengetahui Surabaya PPKM level berapa, mari menyimak beberapa aturan yang disesuaikan.

Di wilayah PPKM level 3, pemerintah bakal uji coba tempat wisata, hal ini sebagaimana diatur dalam Inmendagri 39/2021. Namun, belum disebutkan tempat wisata mana saja yang sudah diizinkan dibuka.

Dalam pelaksanaannya, pemerintah bakal menerapkan beberapa aturan. Salah satunya anak di bawah umur 12 tahun tidak boleh masuk ke area wisata. Uji coba wisata pun bakal ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sekolah Tatap Muka di Surabaya Sudah Digelar

Kendati Surabaya masih menerapkan PPKM level 3, sekolah di Surabaya sudah menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sejak Senin (6/9) kemarin. Sekolah di Surabaya pun diminta patuh terhadap protokol kesehatan.

"Prokes tugas bersama. Bukan tugas Satgas COVID-19 saja. Pemkot Surabaya sudah membentuk Satgas pelajar, itu bagus. Tapi semua pihak harus terlibat, mulai orang tua hingga guru. Harus saling mengingatkan," ujar Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, Senin (6/9).

Waktu Dine In Ditambah

Untuk wilayah yang menerapkan PPKM level 3, pemerintah menambah kapasitas dine in. Sebagaimana tertuang dalam Inmendagri 39/2021, dine in maksimal 50 persen dengan durasi 60 menit.

Operasional Mal Lebih Lama

Masih mengacu Inmendagri 39/2021, operasional mal di wilayah PPKM level 3 mulai dilonggarkan. Kini, mal boleh beroperasi hingga pukul 21.00 waktu setempat. Pengunjung pun harus sudah divaksinasi.

Surabaya PPKM Level Berapa: Daerah yang Menerapkan PPKM Level 3 di Jatim

  1. Kabupaten Blitar
  2. Kabupaten Tulungagung
  3. Kabupaten Trenggalek
  4. Kabupaten Situbondo
  5. Kabupaten Sidoarjo
  6. Kabupaten Pacitan
  7. Kabupaten Ngawi
  8. Kabupaten Madiun
  9. Kabupaten Lumajang
  10. Kota Blitar
  11. Kota Surabaya
  12. Kota Probolinggo
  13. Kota Mojokerto
  14. Kota Malang
  15. Kota Madiun
  16. Kota Kediri
  17. Kota Batu
  18. Kabupaten Kediri
  19. Kabupaten Jombang
  20. Kabupaten Nganjuk
  21. Kabupaten Mojokerto
  22. Kabupaten Malang
  23. Kabupaten Lamongan
  24. Kabupaten Gresik
  25. Kabupaten Bangkalan
(imk/imk)