Kocar-kacir KKB Diintai Kostrad, Pistol-Marlboro Ditinggal di Honai

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 17:47 WIB
Satgas Pamtas Mobile Yonif Para Raider 501/BY menyita pistol hingga kapak diduga milik KKB saat mengintai sebuah honai di Intan Jaya. (situs Kostrad)
Satgas Pamtas Mobile Yonif Para Raider 501/BY menyita pistol hingga kapak diduga milik KKB saat mengintai sebuah honai di Intan Jaya. (Foto: dok. Kostrad)
Jakarta -

Satgas Pamtas Mobile Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha (BY) menyita senjata api (senpi) jenis pistol hingga sejumlah barang bukti lain. Barang tersebut ditinggalkan di sebuah honai.

Awalnya, Satgas melihat honai yang diduga terdapat beberapa orang diduga kelompok separatis teroris (KST). Anggota Tim (Pengendali Tempur) Dalpur segera mengatur posisi sesuai dengan perhitungan keadaan di lapangan.

"Saat terlihat sekelompok orang KST lari berhamburan ke jurang dekat honai yang dicurigai, anggota tim melaksanakan pengamanan di sekitar honai," kata Dansatgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya seperti dilihat di situs Kostrad, Rabu (8/9/2021).

Yonif Para Raider 501/BY menggelar Operasi Bajra 10 untuk mencari dan menyekat pergerakan kelompok separatis dan teroris Papua (KSTP) yang berada di wilayah Kabupaten Intan Jaya.

Petugas lalu memeriksa honai. Di dalamnya didapati senpi, senjata tajam (sajam), hingga logistik.

"Setelah itu melaksanakan pembersihan di dalam Honai dan berhasil mengamankan 1 pucuk pistol P1 dan perlengkapan perang tradisional lainnya milik kelompok KST yang tertinggal," ujar Letkol Inf Arfa.

Operasi perburuan KST yang dipimpin Lettu Inf Yulian Nugroho itu dilakukan di Kampung Bugapa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Sabtu (4/9).

Dia mengatakan kronologi perburuan KKB di Kampung Bugapa sebagai buah dari kesabaran untuk bisa memperhatikan situasi dan kondisi wilayah melalui patroli dan taktik operasi lainnya.

Satgas Pamtas Mobile Yonif Para Raider 501/BY menyita pistol hingga kapak diduga milik KKB saat mengintai sebuah honai di Intan Jaya. (situs Kostrad)Sejumlah barang yang disita dari lokasi (Foto: dok. Kostrad)

"Ini merupakan keberhasilan dari tim yang diawaki prajurit Bajra Yudha Kostrad yang terpilih untuk bisa memberikan hasil terbaik buat bangsa dan negara, serta satuan pada khususnya," ucapnya.

Sementara itu, Panglima Komando Operasi Gabungan (Pangkoopsgab) Pinang Sirih Brigjen TNI Susilo juga mengapresiasi keberhasilan Tim Dalpur dari titik kuat (TK) Bilogai dalam kegiatan Operasi Bajra 10 ini.

Simak daftar barang yang disita dari lokasi di halaman selanjutnya.

Lihat Video: Gebrakan Meja Pangdam Kasuari Kala 4 Anggotanya Dibunuh KKB

[Gambas:Video 20detik]