Resepsi Pernikahan di Medan Diizinkan, Tamu Maksimal 30 Orang

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 15:33 WIB
Wali Kota Medan, Bobby Nasution (Datuk-detikcom)
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Datuk/detikcom)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengizinkan resepsi pernikahan dan hajatan lain digelar di Medan yang masih menerapkan PPKM level 4. Namun ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi.

Bobby awalnya menjelaskan soal strategi agar Medan bisa turun ke PPKM level 3. Bobby menyebut strategi itu mengikuti arahan pemerintah pusat, namun penerapannya disesuaikan dengan kondisi di Medan.

"Strategi tetap sama, strategi telah dicanangkan baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan Pemerintah Kota Medan. Penanganannya sama, caranya yang berbeda, kenapa saya bilang? Penanganan sudah jelas ada empat poin yang saya katakan, cara kita mendekati, karena karakter masyarakat berbeda-beda, cara yang berbeda tapi penanganannya itu sama. Empat hal itu nggak bisa ditawar-tawar lagi," kata Bobby saat meninjau sentra vaksinasi Indonesia Bangkit di kantor Camat Medan Selayang, Rabu (8/9/2021).

Bobby menyebutkan pihaknya berupaya mengajak masyarakat membatasi mobilitas. Apalagi, katanya, makan-minum di tempat sudah diizinkan selama 1 jam.

"Hanya bagaimana kita mengajak masyarakat membatasi mobilitas, bagaimana kita mengajak masyarakat, menyosialisasikan hari ini sudah boleh makan-minum di tempat 1 jam. Nah, ini bagaimana kita menyosialisasikan dan itu sudah ada aturannya semua," ucap Bobby.

Dia juga telah mengeluarkan peraturan wali kota (perwal) terbaru. Dalam aturan itu, Bobby mengizinkan kegiatan seperti resepsi pernikahan digelar dengan jumlah tamu yang dibatasi.

"Kemarin kita sudah menurunkan Perwal, diperbolehkan melakukan hajatan namun dibatasi. Saya sudah minta Dinas Pariwisata juga Dinas Kesehatan untuk bisa menyurati tempat-tempat, gedung-gedung pertemuan. Gedung-gedung yang biasa dipakai pada acara perkawinan atau hajatan," ujar Bobby Nasution.

Bobby meminta peraturan itu dipatuhi semua pihak. Dia mengatakan aturan dibuat untuk kebaikan bersama.

"Peraturan ini tolong disosialisasikan, jangan sampai nanti ditemukan di lapangan ada yang bilang belum tahu tentang peraturan ini. Jadi kita sosialisasikan. Caranya sama, penerapannya yang berbeda. Karena karakteristik masyarakatnya berbeda-beda," ujar Bobby.

Aturan soal resepsi itu tertera dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Medan Nomor: 443.2/8398 tentang PPKM Level 4 COVID-19 di Kota Medan. Resepsi pernikahan dan hajatan paling banyak dihadiri 30 orang dan tanpa ada makanan di tempat. PPKM level 4 di Medan berlaku hingga 20 September 2021.

Berikut isi aturan soal resepsi pernikahan:

16. Pelaksanaan resepsi pernikahan dan hajatan (kemasyarakatan) paling banyak 30 (tiga puluh) orang dan tidak ada hidangan makanan di tempat dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

(haf/haf)