Crowd Free Night Artinya Apa? Siap-siap Berlaku di Jakarta Akhir Pekan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 14:10 WIB
Crowd Free Night Artinya Apa? Siap-siap Berlaku di Jakarta Akhir Pekan
Crowd Free Night Artinya Apa? Siap-siap Berlaku di Jakarta Akhir Pekan (ANTARA/RENO ESNIR)
Jakarta -

Crowd free night artinya apa? Informasi ini perlu diketahui warga Jakarta jelang pemberlakuan di akhir pekan.

Crowd Free Night Artinya Apa? Makna hingga Tujuan

Crowd free night adalah langkah polisi untuk menekan mobilitas dan keramaian di Jakarta. Crowd free night artinya pengendara tak boleh melintas di lokasi tersebut pada jam tertentu.

"Karena ditengarai PPKM level 3 ini banyak sekali pelanggaran protokol kesehatan, terutama di tempat-tempat keramaian," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Senin (6/9/2021).

Kapan Crowd Free Night Diberlakukan?

Setelah mengetahui crowd free night, penting pula untuk tahu jadwal crowd free night. Crowd free night diberlakukan setiap malam di akhir pekan. Itu berarti crowd free night dilakukan pada Jumat malam, Sabtu malam, dan Minggu malam.

Jadwal crowd free night disesuaikan dengan peraturan PPKM. Untuk saat ini diberlakukan pada pukul 00.00-04.00 WIB.

Crowd Free Night Diberlakukan di Mana?

Ada 4 lokasi pemberlakuan crowd free night. Lokasinya adalah di Sudirman, Thamrin, Kemang, dan SCBD.

Ada pengecualian saat crowd free night. Warga yang tinggal di 4 area tersebut tetap boleh melintas. Kendaraan yang dikecualikan juga misalnya ambulans.

Crowd Free Night Dibagi 2 Sesi

Setelah mengetahui arti crowd free night, berikutnya ada penjelasan mekanismenya. Polisi membagi waktu pelaksanaan crowd free night menjadi dua sesi. Sesi pertama pukul 22.00-24.00 WIB, sementara sesi kedua pukul 00.00-04.00 WIB.

"Pelaksanaannya kami bagi dua tahap. Pertama dari jam 22.00 sampai 24.00 itu kita sebut dengan filterisasi selektif," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Di sesi pertama, polisi masih mengizinkan kendaraan melintas di ruas jalan crowd free night. Hanya, polisi bakal melakukan patrol kepada pengendara atau komunitas yang memicu adanya kerumunan.

"Kita masih memperbolehkan arus lalu lintas melintas. Namun kalau ada komunitas-komunitas geng motor yang menggunakan knalpot bising atau yang berpotensi kerumunan itu akan kita larang. Tiap kegiatan yang diprediksi menciptakan kerumunan akan dibubarkan petugas." terang Sambodo.

Setelahnya, polisi melakukan filterisasi ketat pada pukul 00.00-04.00 WIB. Filterisasi ketat crowd free night artinya hanya kendaraan tertentu yang boleh lewat.

"Pukul 00-00 WIB sampai dengan pukul 04.00 WIB itu akan kita filterisasi penuh, filterisasi ketat. Yang kita perbolehkan melintas hanyalah darurat, tamu hotel, dan orang yang bertempat tinggal atau penghuni di kawasan tersebut," imbuhnya.

Demikian penjelasan tentang crowd free night artinya apa hingga mekanisme pemberlakuannya.

(imk/imk)