81 Korban Selamat Kebakaran Lapas Tangerang Dipindah ke Blok Lain

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 12:57 WIB
Tangerang -

Sebanyak 81 korban selamat dalam peristiwa kebakaran di Lapas Tangerang dini hari tadi. Para korban selamat akan dipindah ke blok lain untuk sementara waktu.

"Jadi yang 81 selamat nggak mungkin di sini, nanti kita taruh di blok lain," kata Menkumham Yasonna Laoly dalam jumpa pers di Lapas Kelas I Tangerang, Jl Veteran, Tangerang, Rabu (8/9/2021).

Namun, jika tidak memungkinkan ditempatkan di blok lain, para napi akan dipindahkan ke Lapas lain di luar Lapas Tangerang.

"Kalau nggak memungkinkan (dipindah) ke lapas lain. Ada banyak (Lapas) kalau di sini, di Cilegon, ada Serang, ada beberapa bila perlu di luar Banten," jelas Yasona.

Kondisi Lapas Tangerang sendiri mengalami overkapasitas. Peristiwa kebakaran itu terjadi di Blok C2.

"Lapas Tangerang ini overkapasitas 400 persen. Penghuni ada 2.072 orang," kata Yasonna.


Kamar Terkunci

Kebakaran terjadi sekitar pukul 01.45 WIB dini hari tadi. Saat peristiwa kebakaran terjadi, beberapa kamar memang dalam keadaan dikunci.

Petugas Damkar tiba 13 menit kemudian, namun karena api cepat membesar sehingga beberapa kamar tidak sempat dibuka.

"Tentu kalian tanya, mengapa dikunci? Memang protapnya lapas harus dikunci. Kalau nggak dikunci itu nanti melanggar protap," katanya.

'Maka begitu dia, mungkin pengawas lihat setelah ditemukan gelombang api mungkin sudah menyebar (api), maka di situlah korban yang ditemukan," tambahnya.

Kebakaran tersebut menewaskan 41 napi kasus narkoba dan terorisme. Sementara 81 korban luka terdiri atas 8 korban luka berat dan 73 korban luka ringan.

Korban luka berat dan korban tewas dibawa ke rumah sakit. Sementara korban luka ringan dirawat di poliklinik Lapas Kelas I Tangerang.

(mea/fjp)