COVID-19 Varian Mu Jangan sampai Masuk RI! Ini Wanti-wanti Pemerintah

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 10:50 WIB
Covid-19 Varian Mu Jangan Sampai Masuk RI! Ini Wanti-wanti Pemerintah
COVID-19 Varian Mu Jangan sampai Masuk RI! Ini Wanti-wanti Pemerintah (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

COVID-19 varian Mu perlu diwaspadai agar tidak masuk ke Indonesia. Lalu, bagaimana ancang-ancang pemerintah mengantisipasi COVID-19 varian Mu? Simak uraian di bawah ini.

COVID-19 varian Mu atau B.1621 sudah dikategorikan sebagai variant of interest (VoI) oleh WHO. Varian ini pertama kali ditemukan di Kolombia dan diperkirakan sudah menyebar ke sekitar 40 negara.

Pemerintah memastikan Corona varian Mu belum masuk ke Indonesia. Namun Presiden Joko Widodo hingga sejumlah pejabat sudah mulai angkat bicara mengantisipasi masuknya varian ini.

Berikut wanti-wanti pemerintah agar COVID-19 varian Mu jangan sampai masuk ke Indonesia.

Arahan Jokowi ke Menhub soal COVID-19 Varian Mu

Covid-19 Varian Mu sempat dibahas Presiden Jokowi saat rapat terbatas (ratas) dengan jajaran. Kepada Menhub Budi Karya Sumadi, Jokowi memerintahkan agar akses perjalanan diperketat.

"Saya juga ingin perhatian kita semuanya yang berkaitan dengan perhubungan, Pak Menteri Perhubungan yang berkaitan dengan varian baru, varian Mu betul-betul agar kita lebih waspada dan detail jangan sampai ini merusak capaian yang sudah kita lakukan," kata Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas evaluasi PPKM yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/9) kemarin.

Menhub Siapkan Langkah Antisipasi COVID-19 Varian Mu

Untuk mengantisipasi COVID-19 varian Mu masuk ke Indonesia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bakal menyiapkan strategi. Dia pun meminta jajarannya berkoordinasi dengan pihak terkait. Misalnya Kemenlu, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes, Satgas Penanganan COVID-19, Ditjen Imigrasi, dan pihak lainnya.

"Sesuai arahan bapak Presiden RI Joko Widodo yang memerintahkan kepada kami untuk mencegah masuknya varian baru COVID-19 ke Indonesia, kami segera menyiapkan langkah-langkah untuk mengantispasinya," kata Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (7/9/2021).

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga sudah angkat bicara soal COVID-19 varian Mu. Simak penuturannya di halaman berikutnya.